Tak Tanggung-tanggung, Android 11 Hadirkan 11 Fitur Baru!

Tak Tanggung-tanggung, Android 11 Hadirkan 11 Fitur Baru!

Android sampai sekarang ini memang masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Apalagi dengan banyaknya brand-brand smartphone yang juga menyematkan pemakaian OS Android dibandingkan dengan yang lainnya. bahkan selalu ada upgrade atau pembaharuan pada setiap seri terbaru yang dikeluarkan oleh OS tersebut. Seperti yang akan hadir baru-baru ini yaitu Android versi 11. Seri terbaru tersebut juga sudah bisa digunakan oleh para pengguna smartphone Pixel.

Sesuai dengan namanya yaitu Android 11, maka pada OS terbaru tersebut nantinya juga akan disematkan setidaknya adalah 11 fiture terbaru, diantaranya adalah:

  1. Kamera dan juga microfon yang hanya akan aktif ketika aplikasi dipakai, setidaknya untuk seri Android sebelumnya yaitu OS 11, setidaknya Google sudah mulai membatasi akses lokasi terhadap aplikasi. Hanya diberikan ketika aplikasi tersebut dalam kondisi yang aktif, bukan ketika aplikasi tersebut berjalan di bagian latar belakang atau background. Sehingga dengan keberadaan fiture tersebut memungkinkan privasi juga lebih terjaga.
  2. Akses lokasi untuk background aplikasi yang diperketat, seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa disini nampaknya Google memang lebih selektif mengenai privasi dari pengguna. Dimana untuk Android versi 11 juga akan lebih diperketat lagi keamanan untuk akses lokasi aplikasi termasuk aplikasi yang berjalan di belakang layar atau background ini tidak akan diberikan aksesnya.
  3. Lebih mudah dalam update aplikasi lewat Playstore, pada seri terbaru dari sistem operasi yang satu ini maka elemen sistem yang ada di dalamnya juga semakin diperbaharui, sehingga nantinya Google akan secara lebih leluasa atau dipermudah dalam melakukan pembaharuan tanpa langsung melibatkan pengembangnya.
  4. Gelembung notifikasi, ini salah satu yang cukup unik dari seri terbaru dari Android, karena memang akan ada gelembung notifikasi atau bubles yang akan muncul dalam ukuran kecil pada layar ketika muncul aplikasi yang baru. mirip dengan pop up dimana nantinya Anda dapat membalas pesan secara cepat.
  5. Pengkategorian notifikasi, setidaknya pada seri terbaru Android ini akan ada 3 kategori, diantaranya adalah notifikasi utama, kemudian juga jenis notifikasi yang kurang diprioritaskan dan satu diantaranya adalah notifikasi perpesanan.
  6. Bisa screenshot secara lebih lengkap, dimana berbeda dari seri sebelum-sebelumnya, maka disini Anda bisa melakukan screenshot atau menangkap gambar dengan format yang lebih lengkap dari sebelumnya, karena bisa digulir hingga ke bagian bawah.
  7. Ada pendeteksi pengembang aplikasi, sehingga nantinya Anda bisa mengetahui apakah ponsel dimiliki oleh seorang perusahaan pengembang ataukah pribadi, karena akan muncul profil perangkat secara lengkap.
  8. Dapat menyimpan SIM digital, ini salah satu fiture kekinian yang cukup menarik, karena belum pernah ada sebelumnya. Hanya saja di Indonesia sendiri sebenarnya juga masih terbatas masyarakat yang menggunakan SIM digital, karena provider pengembangnya juga masih sedikit.
  9. 5G, inilah yang paling dinantikan karena pada OS ini sudah bisa mendeteksi jaringan 5G yang akan segera berkembang beberapa tahun kedepan.
  10. Pin favorit yang ada di menu share, nantinya Anda bisa menyematkan tujuan favorit pada menu share, sehingga akan mempermudah bagi penerimanya juga.
  11. Tersedia tema gelap yang akan menyala secara otomatis. Nantinya Anda dapat menjadwalkan mode gelap ini agar bisa dipakai secara otomatis.

Sangat menarik bukan, sayang sekali untuk dilewatkan, Anda bisa merasakan fiture-fiture terbaru ini pada Android seri 11.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security