Tahun Depan, Penyimpanan ‘Unlimited’ di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Tahun Depan, Penyimpanan ‘Unlimited’ di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Selama ini kita memang diuntungkan dengan layanan dimana dapat menyimpan photo secara gratis lewat Google Photos, sehingga bisa lebih bebas dalam mengambil gambar berapapun jumlahnya tanpa takut nantinya memory ponsel penuh. Karena dapat disimpan secara online disini. Namun beberapa waktu lalu ternyata Google memberikan sebuah pengumuman. Bahwa Google Photos tak akan lagi memberikan ruang penyimpanan secara Cuma-Cuma atau gratis untuk penggunanya didalam menyimpan video maupun foto.

Setidaknya mulai tanggal 1 Juni 2021 mendatang, Google Photos hanya akan memberikan ruang penyimpanan secara gratis dalam kapasitas sebesar 15 GB saja, selebihnya jika Anda tetap menyimpan gambar disana maka harus menambah untuk pembayaran ruang penyimpanan tersebut. Sebenarnya kehadiran ruang penyimpanan virtual secara gratis ini memang memberikan banyak sekali kontribusi positif kepada masyarakat. Khususnya adalah pengguna teknologi sendiri. karena mereka tak perlu repot-repot di dalam menyediakan memory berkapasitas besar didalam penyimpanan koleksi foto maupun video mereka.

Sangat cocok tentunya bagi Anda yang memiliki kegemaran mengabadikan gambar maupun moment dalam bentuk video. Bahkan menurut Google sendiri, saat ini setidaknya sudah lebih dari 4 triliun foto yang disimpan lewat Google Photos. Juga setiap minggunya setidaknya ada 28 milyar foto maupun video baru yang diunggah. Pada dasarnya masyarakat sendiri lebih senang menyimpan koleksi foto maupun video mereka secara virtual karena tak akan hilang dan mudah untuk diakses kembali. Belum lagi untuk memory ponsel juga jadi lebih aman tidak terpakai.

Namun patut untuk diketahui bagi Anda yang sudah terbiasa didalam menyimpan koleksi foto maupun video di Google Photos ini, bahwa semua foto dan juga video yang sebelumnya sudah disimpan disana, yaitu sebelum tanggal 1 Juni 2021 maka belum akan terdampak oleh kebijakan yang dibuat oleh Google tersebut. Sehingga nantinya tidak akan mengurangi kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB yang akan datang. Hanya saja pembatasan yang satu ini tampaknya tidak akan berlaku pada Google Pixel.

Pengguna Google Pixel tetap bebas untuk melakukan penyimpanan foto dengan kualitas tinggi secara gratis tanpa adanya batasan setelah tanggal 1 Juni tahun 2021 mendatang. Namun Google sendiri juga mengatakan bahwa setidaknya sekitar 80 persen dari pengguna Google Photos tak akan menyentuh kapasitas memory penyimpanan yaitu sebesar 15 GB ini, setidaknya sampai 3 tahun mendatang. Setidaknya selama 5 tahun terakhir memang Google sudah menawarkan kapasitas penyimpanan tanpa batas atau unlimited ini untuk menyimpan foto yang kualitasnya tinggi.

Namun setelah kebijakan tersebut berlaku, Google sendiri telah memberikan peringatan bagi pengguna Google Photos ini bahwa kapasitas penyimpanan mereka hanya sebesar 15 GB yang ditawarkan secara gratis. Sehingga jika ingin menggunakan kapasitas memory tambahan hendaknya pengguna harus membeli memory tambahan dengan menggunakan Google One, yaitu untuk harganya sendiri sekitar 26,900 ribu rupiah perbulannya dan Anda bisa mendapatkan kapasitas ekstra yaitu sebesar 100 GB. Untuk informasi paket datanya ini bisa langsung dicek di situs resmi.

Perubahan ini memang hanya salah satu yang dilakukan oleh Google, mengingat di tahun ini ada banyak sekali kebijakan baru yang dibuat oleh perusahaan tersebut. termasuk diantaranya adalah pada Google Drive yang dipakai untuk menghitung dokumen maupun spreadsheet Google Workspace yaitu dengan batasan kapasitas yang sama. Belum lagi kebijakan baru terkait menghapus data dari akun yang sudah tak lagi aktif atau tak pernah dipakai untuk log in selama dua tahun.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security