Rusia Hentikan Internet di Negaranya

Rusia Hentikan Internet di Negaranya

Tes tersebut pada dasarnya ditujukan untuk kebutuhan menciptakan ‘internet berdaulat’ apa itu sebenarnya? Yaitu sebuah cara Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya peran internet di era teknologi seperti sekarang ini sangatlah penting. Hampir semua negara di dunia pastinya sudah mengandalkan internet untuk menunjang akses informasi, komunikasi atau bahkan bisnisnya. Apalagi jika dilihat sendiri internet menyajikan lebih banyak hal kepada masyarakat. Bahkan banyak diantaranya yang secara terang-terangan mengaku tidak bisa hidup tanpa dunia maya tersebut. Lalu bagaimana jika seandainya internet diputus atau dimatikan dalam sebuah negara? Memang belum pernah ada yang melakukannya.

Namun belakangan ini Rusia akan melakukan sebuah uji coba untuk memutus akses internet di negaranya selama beberapa minggu. Hal ini tentunya mengejutkan banyak pihak, tidak hanya masyarakat yang ada di negara tersebut saja, melainkan juga masyarakat dunia. Pengujian ini memang dilakukan bukan tanpa sebab, ada beberapa alasan kuat yang membuat negeri tersebut harus menguji mematikan internet di negaranya.

yang dilakukan untuk melindungi diri atau negara mereka dari serangan cyber yang memang belakangan ini tengah gencar-gencarnya dilakukan oleh beberapa negara maju, sebenarnya tidak hanya Rusia saja sasarannya, melainkan juga negara-negara yang lainnya. Apalagi bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya keadaan politik di negara tersebut tengah mengalami kondisi yang memanas.

Pemutusan sambungan internet yang rencananya akan dilakukan di negara tersebut bahkan telah mendapatkan restu atau izin dari Presiden Rusia, yaitu Vladimir Putin, dimana nantinya hal ini ditujukan untuk memastikan internet Rusia independen, hanya bisa digunakan di negara tersebut saja, sedangkan untuk akses internet dengan negara-negara lain atau jaringan global akan terputus sepihak. Apalagi saat ini negara-negara Barat mulai jengah dengan banyaknya serangan-serangan yang dilakukan untuk memata-matai jaringan internet Rusia. Bahkan juga keberadaan kampanye di informasi yang disponsori oleh Moscow.

Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya Rusia merupakan musuh terbesar internet Amerika Serikat, apalagi mereka memiliki kemampuan yang luar biasa di dalam mempengaruhi pengguna internet. Sehingga berbagai macam bentuk peretasan mulai gencar-gencarnya dilakukan untuk menyerang internet di negara tersebut. Contohnya sendiri yang terjadi pada kampanye Pilpres Amerika Serikat yang terjadi pada tahun 2016 lalu. Banyak diantara peretas atau hacker-hacker yang berasal dari negeri Rusia ini berhasil untuk menginfiltrasi beberapa infrastruktur nasional vital negara tersebut.

Program Nasional Ekonomi Digital atau yang digagas sebagai internet Nasional Rusia ini sudah tercetus sejak tahun 2018 lalu, dengan fungsi adalah untuk menyaring informasi yang masuk ke dunia maya atau internet yang dapat diakses oleh masyarakat di negara tersebut, memiliki kebijakan seperti diantaranya adalah sensor massal pada kata-kata sensitif yang ada pada setiap tulisan atau berita yang dimuat, hampir mirip seperti internet yang ada di negara komunis yaitu Tiongkok. Hanya saja meskipun sudah direncanakan untuk memutus internet secara global, namun tidak bisa dipungkiri jika seandainya banyak yang belum sepakat akan hal tersebut, baik itu masyarakatnya sendiri ataupun perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang nantinya juga pasti akan terkena imbas akan kebijakan tersebut. Pemutusan internet di negara tersebut nantinya akan dilakukan dengan cara mewajibkan penyedia layanan internet atau ISP untuk mengikuti beberapa prosedur baru yang telah ditentukan, mulai dari update sistem, hingga pindah server. Karena Rusia berencana untuk membangun DNS mereka sendiri.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security