Qualcomm Umumkan Snapdragon 690, Chip 5G untuk Ponsel Menengah

Qualcomm Umumkan Snapdragon 690, Chip 5G untuk Ponsel Menengah

Teknologi berkembang sangat pesat sehingga Anda akan menemukan berbagai produk elektronik dengan teknologi baru setiap waktu. Salah satu teknologi yang mempunyai perkembangan paling pesat dan mudah dikenali adalah pada perkembangan smartphone yang Anda gunakan. Baik tampilan dalam dan luar smartphone yang ada dipasaran berkembang dengan sangat cepat dan juga menawarkan teknologi terbaru setiap waktu. Seperti salah satunya adalah mengenai perkembangan chipset yang terdapat pada smartphone terbaru yaitu chipset Snapdragon 690 dari Qualcomm.

Snapdragon yang diproduksi oleh Qualcomm sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 dan hingga saat ini merupakan chipset yang digunakan pada smartphone Android. Smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon sendiri mempunyai keunggulan dibandingkan dengan chipset dari produsen lainnya. Dimana salah satunya adalah karena chipset Snapdragon telah mengalami banyak perkembangan dari pertama kali diperkenalkan. Mulai dari Snapdragon S series, Snapdragon 200 series, Snapdragon 400 series, hingga Snapdragon 800 series. Teknologi tersebut bisa ditemukan digunakan banyak smartphone Android yang ada di pasaran.

Chipset terbaru yang dikeluarkan oleh Qualcomm untuk Snapdragon sendiri adalah Snapdragon 690 yang merupakan teknologi terbaru dengan modem yang terintegrasi untuk mendukung 5G. Sekarang ini handphone dengan teknologi 5G memang merupakan teknologi terbaru yang ada di pasaran. Untuk mendapatkan handphone 5G tersebut bisa ditemukan pada banyak handphone terbaru, dan Qualcomm dengan Snapdragon 690 merupakan teknologi yang mendukung konektivitas 5G untuk ponsel kelas menengah. Snapdragon 690 merupakan chip seri Snapdragon 600 pertama yang mendukung 5G yang bisa didapatkan dan merupakan penerus dari chipset sebelumnya yaitu Snapdragon 675.

Snapdragon 690 tentu saja mempunyai teknologi terbaru yang bisa diberikan sebagai chipset terbaru yang mendukung handphone dengan konektivitas 5G, yaitu untuk beberapa teknologi terbaru yang dimilikinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Chipset Snapdragon 690 mempunyai konfigurasi CPU yang terdiri atas dua inti ARM Cortex A77 dan mempunyai enam inti ARM Cortex-A55.
  2. Chipset Snapdragon 690 mempunyai frekuensi yang sama dengan seri sebelumnya yaitu 1,7 GHz untuk Cortex A55 dan 2 GHz untuk Cortex-A77.
  3. Chipset Snapdragon 690 mempunyai pengolah gratis dengan GPU Adreno 619L.
  4. Chipset Snapdragon 690 mendukung layar dengan 120 Hz dan kualitas video 4K.
  5. Chipset Snapdragon 690 mendukung resolusi kamera hingga 192 mp dengan zoom yang tetap membuat gambar lebih mulus.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Chipset Snapdragon 690 dari Qualcomm ini akan dapat mendukung konektivitas 5G untuk smartphone kalangan menengah. Adapun untuk teknologi ini tetap akan mempunyai keunggulan yang terbaik yaitu dapat mendukung frekuensi sub 6GHz dan dapat untuk mempunyai kecepatan hingga 2500 Mbps untuk downstream dan upstream hingga 1200 Mbps. Chipset seri ini sendiri akan dapat untuk mendukung kemunculan banyak smartphone dengan konektivitas dengan harga terjangkau untuk masyarakat.

Dimana konektivitas 5G memang merupakan teknologi terbaru yang ditawarkan oleh smartphone dengan harga tinggi dan dikeluarkan oleh merek ternama. Akan tetapi dengan adanya chipset Snapdragon 690 yang mempunyai harga sekitar 300-500 dollar AS tau sekitar 4 hingga 7 juta rupiah ini akan dapat untuk mendukung handphone 5G dengan harga yang lebih terjangkau untuk masyarakat. Teknologi terbaru ini bisa digunakan oleh berbagai merek smartphone yang dikenal mempunyai harga murah dan menjadi pilihan masyarakat kelas menengah seperti Xiaomi, LG, TCL, hingga Nokia.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security