PUBG vs ML, mana yang lebih diminati?

PUBG vs ML, mana yang lebih diminati?

Game Mobile Legends memang sempat menjadi salah satu game mobile terpopuler. Mulai dari anak-anak, sampai karyawan kantor menjadi idola game yang satu ini. Bahkan, tak jarang game ini menjadi yang paling ditunggu saat jam makan siang.

Namun, setelah kemunculan PUBG Mobile, game Mobile Legends mendapat saingan yang tangguh. Sekarang, mana yang lebih banyak peminatnya? PUBG atau Mobile Legends, ya?

1. Jumlah pemain

Jumlah pemain kedua game tak bisa dibilang sedikit. Mobile Legends, misalnya, pernah tercatat menduduki posisi teratas sebagai satu dari tiga game terpopuler di Google Play. Terhitung sejak bulan Januari 2018, jumlah pengunduh game Mobile Legends di Google Play mencapai angka 1,5 juta orang. 

Game PUBG Mobile juga memiliki banyak penggemar. Terbukti dari jumlah keseluruhan pemain game ini, yang mencapai angka 400 juta orang di seluruh dunia.

2. Lokasi server 

Berdasarkan jumlah pengguna saja, PUBG Mobile sudah terlihat menang jauh atas Mobile Legends. Apa yang menjadi kekuatannya? Jawabannya adalah lokasi server. Ya, lokasi server game PUBG Mobile memang tersebar di beberapa benua.

Selain ada di Asia, termasuk yang terbesar di Tiongkok, server game PUBG Mobile juga terdapat di benua Eropa dan Amerika, lho! Oleh sebab itu, tak mengherankan banyak sekali jumlah pemain PUBG Mobile. Hal ini masih belum sebanding dengan game Mobile Legends yang baru memiliki server di benua Asia saja, khususnya Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

3. Jumlah unduhan

Game PUBG memang belum lama dirilis ke pasaran. Meski demikian, game ini telah diunduh sebanyak sepuluh juta kali. Jumlah ini tentu saja masih kalah dengan Mobile Legends yang mendapat unduhan sebanyak 50 juta kali.

Akan tetapi, mengingat PUBG Mobile adalah game yang masih relatif baru, jumlah unduhan ini masih bisa bertambah, bukan? Oleh karena itu, bukan tak mungkin, jika jumlah unduhan game PUBG Mobile mampu melebihi angka 50 juta kali nantinya.

4. Persoalan internal dan eksternal developer

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin besar suatu bisnis, akan banyak masalah yang timbul. Game PUBG Mobile pun demikian. Banyak sekali masalah yang dialami pihak pengembang PUBG.

Satu contoh, misalnya, banyak pemain asal Tiongkok mengakses server game PUBG di Eropa dan Amerika secara ilegal. Akses ilegal tersebut disebabkan karena, para pemain melihat iklan dalam game untuk layanan VPN. 

Persoalan lain pun muncul dalam hubungan antardeveloper. Epic Games sebagai pengembang game Fortnite diyakini telah melakukan tindakan plagiarisme atas ide konsep permainan PUBG Mobile. Banyak sekali kemiripan antarkedua game tersebut.

Hingga kini, kelanjutan kasus ini juga masih belum jelas. Hal ini tentunya tidaklah sebanding dengan permasalahan yang mungkin dialami oleh pihak pengembang Mobile Legends. Mereka hanya masih berkutat soal strategi pemasaran. Dengan kata lain, Mobile Legends masih terus fokus menambah jumlah pemain, dalam skala yang jauh lebih kecil dibandingkan PUBG Mobile.

5. Popularitas

Kedua game memang memiliki penggemar tersendiri. Akan tetapi, setelah semua perbandingan tadi, tentunya bisa disetujui bahwa game PUBG Mobile lebih populer. Kepopuleran game PUBG Mobile ini bahkan, berhasil menggeser Mobile Legends dari posisi tiga besar. 

Game mana pun yang anda mainkan, tentu tidak menjadi masalah. Asalkan, anda tidak memainkannya di tengah jam kerja, ya.

JIka anda kehabisan voucher , atau berniat membeli sesuatu di PUBG atau Mobile legend, anda bisa  membeli voucher nya di KlikAll, tentu nya tersedia beragam nominal di di klikall. untuk bermain games caranya sangat gampang, tingal unduh apliaksi KlikAll, dan tentukan voucher mana yang mau nad veli, setelah itu masukkan nomer HP dan pilih denom lalu bayar, mudah sekali bukan?

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security