Phillips Kembangkan Lampu Pemancar Koneksi Internet

Phillips Kembangkan Lampu Pemancar Koneksi Internet

Kebutuhan internet setiap orang saat ini memang sangat meningkat sekali, apalagi ditambah dengan kemajuan jaman yang semuanya serba menggunakan internet. Bergama produk internet dimunculkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak ketinggalan pula perusahaan pencahayaan seperti Philips. Tenang, bukan lampu yang dikeluarkan tetapi inovasi baru mengenai internet yang dapat digunakan dengan bantuan gelombang cahaya. Apakah hal tersebut bisa dilakukan?

Secara umum memang masyarakat masih sangat asing dengan sebutan Li-Fi, memang ini masih mempunyai hubungan sama dengan wi-fi tetapi keduanya berbeda. Untuk Li-fi sendiri mempunyai fungsi penyebaran internet melalui gelombang cahaya, tetapi untuk wi-fi merupakan internet yang menggunakan gelombang radio. Nah, inovasi Philips terbaru inilah yang menarik sekali untuk menjadi pembahasan dalam dunia era digital seperti sekarang ini. Bisa dikatakan ini merupakan kabar gembira untuk semua pengguna internet.

Li-fi menjadi teknologi baru yang menarik dan mempunyai banyak sekali kelebihan dan dapat memecahkan kelemahan dari penggunaan Wi-fi, salah satunya cakupannya yang lebih luas. Umumnya orang akan kesulitan untuk menggunakan Wi-fi karena cakupannya yang terhalang oleh beberapa benda. Tetapi untuk Li-fi sendiri akan lebih mudah, karena dimana tempat yang masih mendapatkan sinar cahaya lampu masih bisa menggunakan internet dengan baik. Tetapi memang Philips belum mengumumkan secara resmi penggunaan inovasi internet baru tersebut di Indonesia.

Untuk melihat lebih jelas mengenai apa saja kelebihan dari Li-fi, Anda bisa mengecek beberapa fakta berikut ini:

  1. Mempunyai jangkauan yang lebih luas dan tentunya lebih merata dari pada perangkat sebelumnya.
  2. Internet yang dapat Anda gunakan itu tidak bisa terhalang oleh beberapa hal didalamnya, seperti misalnya tembok, pagar dan lainnya.
  3. Mempunyai kecepatan yang lebih baik, bahkan lebih tinggi dari pada Wi-fi.
  4. Mempunyai tingkat efisiensi yang lebih baik dari pada beberapa perangkat internet lainnya.
  5. Lebih mudah untuk digunakan dan tidak perlu untuk melakukan konfigurasi yang merepotkan.

Philips sendiri telah mengatakan jika sudah melakukan uji coba di negara Paris, Perancis dalam sebuah percontohan versi kecil. Untuk inovasi internet dari perusahaan ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Itu terjadi setelah perusahaan tersebut diakusisi oleh Luciom pada tahun 2017 yang lalu. Seperti yang diketahui jika Luciom sendiri merupakan perusahaan yang mengintegrasi broadband internet kedalam pencahayaan, ini tentu saja sejalan dengan Philips yang sangat terkenal dengan berbagai produk pencahayaan yang telah dimilikinya.

Sebelumnya Philips sendiri sudah pernah melakukan pengembangan Smart Hue yang menjadi lampu cerdas dan bukan tidak mungkin akan Philips akan menyediakan lampu tersebut dalam bentuk koneksi internet dengan jangkauan yang lebih luas lagi pastinya. Penyediaan ini merupakan kabar gembira untuk Indonesia sebagai negara yang akan merasakan kemajuan dari penggunaan internet yang semakin tinggi seperti sekarang ini. Tetapi yang pasti Philips belum mengumumkan sejak kapan Li-fi akan mulai bisa digunakan secara umum karena masih saja melakukan uji coba sampai dengan layak digunakan.

Sudah bukan hal yang mengherankan lagi ketika banyak sekali perubahan ataupun pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan besar seperti salah satunya Philips. Sampai dengan saat ini memang teknologi yang ada sudah tidak bisa lagi ditahan, ada saja yang baru dan selalu cepat. Nah, Philips sendiri membuktikan jika memang perusahaan tersebut mampu bersaing dengan beberapa lainnya didalam persaingan industri yang semakin maju dan ketat seperti sekarang ini.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security