Pesan Teks Panjang Bikin WhatsApp “Crash”? Begini Cara Mengatasinya!

Pesan Teks Panjang Bikin WhatsApp “Crash”? Begini Cara Mengatasinya!

Setiap aplikasi akan mempunyai ancaman keamanan data hingga penipuan. Dimana walaupun banyak yang tidak berbahaya akan tetapi pada umumnya bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satunya adalah dapat menimbulkan freeze, macet, atau crash sehingga membuat aplikasi WhatsApp akan tidak bisa digunakan setelah menerima pesan. Hal ini misalnya dapat terjadi ketika setelah menerima pesan yang menakutkan yaitu pesan yang berisi rangkaian kalimat panjang dengan angka dan juga karakter asing. Sehingga hal tersebut akan membuat indefinite crash karena aplikasi yang tidak dapat membaca struktur pesan. Bahaya dari hal tersebut adalah pengguna dapat menerima vCard dengan kode berbahaya. Hal tersebut dikenal sebagai Crashcode dan bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk dapat mengatasinya dan tidak membahayakan aplikasi WhatsApp yang Anda punyai:

  1. Menggunakan WhatsApp versi Mods

Langkah pertama yang dapat melindungi aplikasi Anda adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp versi Mods. Seorang pengguna di Reddit menyebabkan bahwa aplikasi ini sudah dimodifikasi sehingga akan aman dari crashcode tersebut. Aplikasi ini menggunakan crashcode protection sehingga akan aman untuk menghindari pesan panjang yang bisa menyebabkan aplikasi menjadi crash. Akan tetapi WhatsApp versi Mods ini sendiri tidak disarankan bagi Anda yang masih awam. Hal tersebut karena aplikasi ini bukan merupakan versi resmi dari WhatsApp sehingga keamanannya tidak terjamin.

2. Memblokir kontak yang mengirim pesan lewat WhatsApp Web

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah crash yang terjadi karena pesan panjang yang Anda terima adalah dengan memblokir kontak tersebut. Anda bisa melakukan hal ini lewat WhatsApp web sehingga dapat lebih mudah. Caranya adalah dengan memblokir kontak seperti ketika Anda mengatur blokir seperti umumnya, yaitu dengan cara mengaturnya di setting privasi grup, my contact atau my contact except.

3. Menghapus pesan panjang

Setelah memblokir kontak, cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan menghapus pesan panjang. Anda dapat untuk menghapus pesan panjang tersebut dari aplikasi WhatsApp. Sehingga hal tersebut tidak akan mengganggu dan dapat untuk menghapus data yang masuk dan membuat WhatsApp menjadi macet.

4. Menginstal ulang aplikasi

Sedangkan bagi Anda yang tidak tersambung dengan browser web, maka cara yang dapat digunakan adalah dengan menginstal ulang aplikasi. Anda bisa untuk melakukan instal ulang yang dapat dilakukan seperti langkah mudah yang digunakan ketika mengunduh aplikasi WhatsApp dan menggunakannya di smartphone Anda. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi WhatsApp yang ada di Play Store atau Google Store dan kemudian menunggu unduhan tersebut selesai. Lakukan langkah log in untuk dapat menggunakan aplikasi WhatsApp seperti semula. Adapun kegunaan dari install ulang aplikasi ini adalah dapat untuk membuat pesan, foto, dan juga file yang ada di dalamnya termasuk juga dari pesan yang dikirim agar membuat crash menjadi hilang.

5. Segera perbarui aplikasi dengan rutin seminggu sekali

Cara terakhir yang dapat digunakan adalah dengan menghindari celah keamanan agar tidak terjadi hal tersebut. Dimana hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperbarui aplikasi ini secara rutin. Bagi Anda yang tidak ingin kehilangan obrolan juga dapat dengan mencadangkan obrolan WhatsApp seminggu sekali. Sehingga Anda tetap bisa menyimpan berbagai data yang Anda inginkan, tetapi juga menghindari hal yang tidak diinginkan seperti pesan panjang yang bisa membuat WhatsApp crash dan bermasalah.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security