Penyebab Listrik PLN Mati

penyebab listrik pln mati

Penyebab Listrik PLN Mati

Listrik sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang, apalagi sekarang semua alat rumah tangga ataupun lainnya bergantung sekali dengan adanya aliran listrik. Tanpa listrik sehari saja pasti akan menjadi penghambat beberapa kegiatan keseharian. Bukan hanya ibu rumah tangga saja yang tidak rela ketika listrik mati sehari saja tetapi juga beberapa perusahaan harus menghentikan proses produksi ataupun mengganti dengan cara lain untuk meminimalisir kerugian. Makanya setiap kali PLN melakukan giliran pemadaman listrik menjadi salah satu berita yang menjengkelkan.

 

Beberapa waktu belakangan ini memang lebih sering PLN menurunkan berita pemberitahuan akan pemadaman secara bergilir. Sebagai seorang pengguna pasti sering merasa protes, apalagi tarif yang selalu naik setiap tahunnya tidak diimbangi dengan pelayanan yang semakin membaik. Bahkan membuat masyarakat berfikir apa yang menjadi penyebab tersebut. Jangan-jangan PLN memang sengaja untuk lebih berhemat ataupun hal-hal negative lainnya. Namun, sebelum ikut bernegatif thinking Anda perlu paham apa saja yang menjadi penyebab.

 

Pada artikel kali ini akan dibahas apa saja hal-hal yang sering menjadi penyebab, PLN melakukan pemadaman baik secara tiba-tiba ataupun sudah menggunakan pemberitahuan sebelumnya yaitu:

 

1. Power failure.

Ini merupakan salah satu jenis gangguan listrik yang cukup sering terjadi, kondisi dimana pada bagian pusat mengalami mati total. Beberapa sebab terjadinya gangguan ini adalah pemadaman secara bergilir, beban yang terlalu berlebihan dan terjadinya hubungan arus pendek jadi cukup membahayakan. Jika memang ada peralatan listrik Anda yang menyala ketika mengalami kejadian secara tiba-tiba mati berhati-hati, bisa menyebabkan kerusakan.

 

2. Power surge.

Kondisi ini ditandai dengan voltase yang tiba-tiba saja naik 100% dalam waktu sangat singkat. Ada beberapa kemungkinan, terjadi karena petir yang menyambar. Sama dengan gangguan sebelumnya, terjadinya power surge juga bisa berdampak pada kerusakan beberapa barang elektronik Anda.

 

3. Over voltage.

Selain naik, voltage yang secara tiba-tiba menurun bisa juga terjadi sehingga menyebabkan over voltage. Misalnya saja yang sebelumnya 220 volt bisa langsung menurun menjadi 80%. Hal ini umumnya terjadi karena penggunaan barang rumah dengan daya besar atau diatas beban rumah Anda.

 

4. Under voltage.

Kurangnya tegangan listrik untuk mengaliri semua kebutuhan juga bisa menimbulkan masalah, ini disebut dengan under voltage. Sama dengan gangguan listrik sebelumnya, masalah ini juga bisa berakibat pada kerusakan barang elektronik rumah Anda.

 

5. Frequency variation.

Tidak stabilnya frekuensi listrik seperti naik turun menjadi masalah sendiri pada listrik, hal ini mungkin tidak disadari baik oleh masyarakat. Ini menjadi salah satu dampak kerusakan barang elektronik yang cukup parah.

 

Nah, diatas adalah sedikit masalah dari sekian banyak masalah yang sering menjadi penyebab kenapa listrik PLN mengalami pemadaman. Sebenarnya ketika sudah mengalami pemadaman secara tiba-tiba, Anda sebagai pengguna bisa melakukan protes. PLN sendiri menyediakan wadah untuk pengaduan apapun yang terjadi, langsung saja menghubungi 123. Jika menggunakan aplikasi, bisa juga melalui online yang lebih praktis dan efisien. Untuk melakukan perbaikan dan pengembangan kedepannya, pihak PLN juga membutuhkan kritik dan saran.

 

Jika sudah melakukan pengaduan tetapi ternyata listrik dirumah Anda masih padam pasti ada beberapa masalah. Misalnya saja telat mengisi pulsa atau bahkan telat melakukan pembayaran tagihan listrik pada setiap bulannya. Nah, supaya tidak menimbulkan kesalahan lebih baik Anda lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan pengaduan. Sekian, semoga beberapa ulasan diatas dapat memberikan informasi tambahan pada masyarakat pengguna PLN semuanya.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security