Masyarakat Bersiap Menghadapi Industri 4.0

Masyarakat Bersiap Menghadapi Industri 4.0

Era revolusi industri 4.0 memang sudah mulai terlihat di depan mata, lalu bagaimana persiapan yang sudah Anda lakukan untuk ikut serta dalam menghadapinya. Calon tenaga kerja tentunya sudah harus memiliki banyak bekal dalam dirinya untuk menghadapi hal tersebut sehingga tidak akan tertinggal dengan yang lainnya. Dimana jika dilihat sendiri sebenarnya era revolusi industri yang baru nantinya akan membuat banyak perusahaan mulai menggunakan perangkat teknologi di dalam bisnisnya, akibatnya tentu ada banyak sekali pengurangan tenaga kerja, sehingga akan semakin tinggi juga angka pengangguran yang ada.

Mau tidak mau harus membekali diri dengan berbagai macam keahlian jika tidak ingin menganggur bukan. Tak hanya dengan pendidikan yang tinggi saja. Sebenarnya hal semacam ini juga harus disiasati dengan mengasah keahlian yang dimiliki, misalnya adalah menjalankan sebuah bisnis, ini lebih menguntungkan, bahkan berkesempatan untuk membuka lapangan kerja baru bagi orang lain, meskipun tantangan yang harus dihadapi sebenarnya juga tidak kalah berat kedepannya.

Kompetisi yang akan semakin berat inilah yang kemudian juga turut serta membuat Kementerian Informasi dan juga Komunikasi mulai membuat Undang-Undang atau peraturan baru yang dikenal sebagai Undang-Undang Sapu Jagat, hanya saja untuk aturan pemerintah ini sebenarnya masih terbilang sebagai wacana melihat kondisi masyarakat yang ada saat ini, sehingga nantinya tidak akan menghancurkan tatanan model bisnis yang sudah ada.

Sebenarnya di era teknologi seperti sekarang ini bukan hal yang sulit bagi siapa saja untuk mulai dalam membangun bisnis. Bahkan bidang bisnis online tidak seperti menjalankan bisnis secara langsung dimana nantinya Anda membutuhkan jauh lebih banyak modal. Modal dasar atau utama yang harus dimiliki paling tidak adalah perangkat teknologi dan juga jaringan internet, ini sudah bisa menghasilkan uang bagi mereka yang pandai dalam memanfaatkannya. Karena mungkin juga dengan adanya internet nantinya akan semakin banyak diantara industri-industri yang menghilang.

Karena sudah ada penetrasi bisnis dengan model yang lebih baru atau kekinian mengandalkan perangkat teknologi. Sehingga mau tidak mau pelaku bisnis lama atau yang masih tradisional juga harus ikut serta dalam mengadopsi internet ini. namun satu keuntungan yang diterima dengan adanya hal tersebut adalah proses kapitalisasi nantinya akan naik berkali-kali lipat jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Siap-siap saja di dalam menghadapi era baru industri 4.0, karena memang hal yang sangat mustahil untuk menolak keberadaan teknologi tersebut, upaya terbaiknya adalah dengan memanfaatkannya sebaik-baiknya untuk membangun bisnis Anda agar semakin maju agar tidak terkikis dengan perkembangan zaman.

Bahkan beberapa waktu lalu untuk mempersiapkan menghadapi era industri 4.0 tersebut, Kominfo secara khusus mengadakan sebuah acara yaitu Digital talent Scholarship. Dimana acara yang satu ini ditujukan untuk memberikan beasiswa kepada setidaknya 20.000 generasi muda untuk bisa bersaing dengan negara-negara lain dalam revolusi industri 4.0. Program ini nyatanya mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Jadi setiap kalangan setidaknya sudah harus mulai mempersiapkan diri dengan adanya revolusi industri 4.0, mulai dari anak muda karena akan sangat berhubungan dengan masa depan Anda nantinya, apalagi bagi para pelaku bisnis, ini akan sangat menentukan jalannya usaha tersebut kedepannya, apakah semakin baik atau justru sebaliknya menjadi bangkrut dan tertinggal, karena tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Untuk itu persiapkan diri sebaik mungkin

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security