Korsel Umumkan Rilis 5G di Ibu Kota Seoul

Korsel Umumkan Rilis 5G di Ibu Kota Seoul

Perkembangan jaringan teknologi memang sangat cepat sekali, dimana masyarakat seperti baru saja merasakan 4G saat ini sudah kembali muncul 5G. Untuk di Indonesia sendiri memang masih belum beroperasi tetapi sudah direncanakan oleh beberapa perusahaan layanan operator dan juga pemerintah. Jika penggunaan 4G saja sudah cukup mumpuni untuk melakukan komunikasi apalagi jika menggunakan 5G. Tentu Anda sebagai salah satu pengguna internet aktif sangat menantikan jaringan tersebut rilis di Indonesia bukan?

Ternyata Korea Selatan selangkah lebih dahulu dari pada negara lainnya, dimana Korsel sudah meluncurkan layanan 5G pertama kalinya di dunia. Layanan tersebut memang dipastikan sudah mempunyai gelombang kemampuan baru dan berbeda dari pada 4G bagi para pengguna ponsel pintar. Sejalan dengan hal tersebut, perusahaan Samsung yang juga berasal dari Negara negri gingseng tesebut, ternyata sudah mengeluarkan ponsel Galaxy s10 yang sudah compatible dengan jaringan 5G pada bulan April lalu. Untuk kecepatan yang dimiliki oleh perangkat tersebut tidak perlu untuk ditanyakan lagi, dimana Anda akan merasakan 20 kali lebih cepat dari pada penggunaan ponsel biasanya.

Beberapa negara memang saat ini sudah lebih fokus pada pembangunan jaringan 5G, tidak terkecuali di Indonesia. Dimana kemunculan teknologi tersebut dinilai akan cukup penting sekali bagi kemajuan teknologi masa depan, seperti misalnya saja mobil tanpa ada pengemudi. 5G sendiri memang dikatakan sebagai jaringan koneksi internet kelima yang mempunyai akses lebih cepat dan koneksi yang lebih stabil. Untuk berbagai keperluan tentu saja ini menjadi salah satu solusi yang sangat tepat sekali, apalagi bagi sektor pemerintahan yang harus melayani masyarakat dengan cepat dan tepat dengan bantuan internet.

Sebelum membahas lebih jauh, menoleh ke belakang jika teknologi jaringan terbaru itu dikabarkan akan mempunyai inovasi yang lebih gila. Dimana untuk 1G lebih fokus pada kemampuan dalam suara, lalu 2G lebih pada pengiriman berbagai teks, 3G yang lebih menarik untuk pengiriman gambar atau foto statis dan 4G lebih memiliki kemampuan dalam hal pengaktifan video. Harapannya kemunculan dari 5G dapat memberikan kemampuan atau lompatan yang lebih besar lagi dari pada sebelum-sebelumnya. Bagaimana, semakin antusias dengan kemunculan teknologi jaringan baru itu pasti?

Kembali lagi pada Korea Selatan yang sudah berhasil meluncurkan 5G beberapa waktu yang lalu. Meskipun terlihat menarik tetapi dalam peluncurannya tetap ada hambatan yang didalami oleh pengguna 5G. Banyak yang mengeluhkan jika penggunaan 5G tidak bisa sesuai dengan ekspektasi seperti kurang lancar dan sebagainya. Meskipun begitu ternyata baru sepekan dirilis pelanggan 5G di Korea Selatan sudah tembus sampai dengan 260 ribu pelanggan dalam 3 operator telekomunikasi yaitu:

  1. Korea Telecom (KT) yang memimpin 100 ribu pelanggan.
  2. SK Telecom
  3. LG Uplus.

Untuk kedua operator telekomunikasi memang tidak menyebutkan secara spesifik perolehan penggunaan jaringan 5G yang baru saja diluncurkan. Hal itu saja terjadi dengan masih ada beberapa orang yang mengeluhkan mengenai kelancaran penggunaan yang masih dinilai biasa. Apalagi jika semuanya berjalan sempurna pasti akan lebih banyak lagi pelanggan baru yang bermunculan. Selain itu cakupan untuk 5G sendiri masih terbatas dalam wilayah ibu kota Seoul. Dari ulasan diatas terlihat Indonesia masih cukup tertinggal jauh, meskipun tidak dipungkiri sudah melakukan berbagai persiapan pula. Bahkan beberapa perusahaan operator Indonesia sudah berlomba-lomba untuk menciptakan jaringan 5G, persiapan itu dalam tahap penyempurnaan dan menunggu regulasi dari pemerintah. Nah, jadi Anda yang ingin segera merasakan 5G di Indonesia harus lebih bersabar lagi. Terima kasih dan semoga bermanfaat

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security