Instagram Uji Tampilan Baru, Ada Tombol Belanja dan Video Ala TikTok

Instagram Uji Tampilan Baru, Ada Tombol Belanja dan Video Ala TikTok

Sebagian banyak diantara anak muda sekarang ini pastinya memiliki akun media sosial yaitu Instagram. Mengingat tak dapat dipungkiri juga jika seandainya jejaring sosial tersebut memiliki popularitas yang begitu tinggi tak kalah jika dibandingkan dengan Facebook. Bahkan semakin kesini juga semakin dilakukan upgrade, mulai dari segi tampilan sampai dengan fitur-fitur terbarunya, sehingga memungkinkan Anda nantinya akan semakin nyaman dengan adanya layanan tersebut.

Beberapa waktu lalu Instagram juga mulai menguji coba tampilan beranda terbarunya. Dimana ia di sisipi dengan 2 buah fitur baru, yaitu Shopping yang dapat digunakan untuk mengakses fitur belanja dan satu lagi diantaranya adalah Reels dimana fitur yang satu ini adalah video pendek yang mirip seperti TikTok. Juga ada 3 desain yang dilakukan uji coba. Meskipun tampak mirip, namun ternyata berbeda. Berikut ini diantaranya:

  1. Desain pertama, yaitu memindahkan tombol explore dan juga notifikasi yang sebelumnya berada di sisi bawah layar, kemudian akan dipindahkan pada sisi atas berjajar dengan DM atau direct message. Pada posisi kedua tombol ini nantinya akan diganti dengan Reels dan juga Shopping.
  2. Desain kedua, sedangkan pada desain kedua yang ada disini maka tombol explore sendiri masih ada di bagian bawah. Hanya saja pada bagian notifikasi dan juga menu untuk unggahan berada di bagian pojok kiri atas, juga akan bersebelahan dengan tombol DM.
  3. Desain ketiga, pada desain ketiga ini pihak Instagram memindahkan tombol unggah kiriman yang nantinya akan dipindahkan pada bagian atas dan bersebelahan dengan DM.

Uji coba ini dilakukan pada akun Instagram pribadi dari CEO Instagram yaitu Adam Mosseri. Dilaporkan sebelumnya bahwa desain-desain terbaru tersebut sudah pernah muncul bagi pengguna yang ada di beberapa negara seperti diantaranya adalah India, Brazil Jerman sampai dengan Perancis. Bahkan beberapa negara tersebut juga sudah menerapkan fitur Reels yang belum disalurkan ke banyak negara.

Bahkan Indonesia sendiri sampai saat ini juga belum kebagian fitur Reels ini. Bagi beberapa orang nantinya layout baru dari Instagram ini pastinya akan membingungkan. Mengingat memang ada banyak sekali tombol navigasi. Padahal dulu keberadaan dari layout dengan banyaknya tombol navigasi juga sempat hadir, hanya saja hal ini membuatnya kurang diminati. Dimana dulunya Instagram ini membubuhkan tombol untuk IGTV yang ada di sebelah tombol DM. Sekarang ini tombol tersebut tidak muncul saat membuka beranda karena memang dipindahkan ke bagian profil.

Inovasi baru yang dilakukan oleh Instagram ini ditujukan agar nanti pengguna tidak akan bosan dengan tampilan-tampilan baru dan juga fitur baru. Mengingat belakangan ini jika dilihat persaingan media sosial juga berlangsung begitu tinggi dengan banyak dihadirkan beberapa fitur baru, termasuk yang cukup diminati oleh anak muda sekarang ini adalah keberadaan dari TikTok yang seakan-akan ikut menggeser keberadaan dari jejaring sosial yang susah ada sejak lama.

Sehingga mau tak mau jika tidak ingin kalah saing, maka developer juga harus senantiasa berinovasi, sehingga pengguna tetap setia untuk akses layanan mereka. Diharapkan kedepannya dengan adanya inovasi ini maka pengguna bisa lebih nyaman memakai layanan dari Instagram, karena jika berhasil maka nantinya tak hanya satu atau dua negara saja, melainkan lebih banyak lagi yang nantinya akan menikmati pembaharuan dengan adanya fitur tersebut.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security