Cegah Penipuan, Gmail Akan Bubuhkan “Centang Biru” di E-mail

Cegah Penipuan, Gmail Akan Bubuhkan “Centang Biru” di E-mail

Penipuan bisa dilakukan dengan banyak cara dan juga metode yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari korbannya. Di era teknologi sekarang ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penipuan. Seperti misalnya dapat untuk menggunakan penipuan lewat telepon, pesan singkat, hack akun, dan juga bisa untuk mengirimkan pesan dan mengirimkan link yang dapat untuk di hack dan digunakan untuk melakukan penipuan.

Misalnya saja salah satu metode penipuan yang dapat digunakan adalah lewat Gmail seperti misalnya dengan phising yang dapat menimpa siapa saja. Metode ini dapat untuk membuat banyak kerugian pada korbannya. Karena apabila menggunakan email yang resmi dan hanya satu sehingga terhubung ke berbagai aplikasi yang Anda gunakan, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh penipu. Baik digunakan untuk membobol kartu ATM, kartu kredit, melakukan penipuan ke kontak yang Anda punyai, dan juga berbagai penipuan dengan metode lainnya. Hal ini tentu saja sangat mengerikan, sehingga Anda perlu untuk berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan dengan cara ini.

Selain dapat untuk berhati-hati, pihak Gmail yang merupakan penyedia email di Google juga diharapkan dapat untuk memberikan keamanan yang lebih kepada pengguna jasanya. Anda bisa misalnya untuk mengirimkan semua email yang mencurigakan dan tidak resmi ke bagian spam, dimana bagian tersebut tidak perlu dan tidak pernah Anda buka lagi. Akan tetapi selain itu juga diharapkan ada upaya lainnya yang dapat dilakukan untuk melindungi pengguna. Hal tersebut karena pada umumnya untuk orang biasa yang tidak mengerti IT atau bahkan juga orangtua yang menggunakan gmail akan kesulitan untuk mengerti perbedaan dari email penipuan, sehingga hal tersebut membuatnya lebih mudah menjadi korban. Bahkan juga dengan metode yang semakin canggih juga membuat cara penipuan menjadi lebih ampuh.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Gmail untuk dapat mencegah penipuan lewat email adalah dengan memberikan “centang biru” pada akun gmail. Dimana akun centang biru atau akun yang terverifikasi merupakan hal yang sudah tidak baru lagi, karena fitur ini sudah digunakan oleh platform lainnya seperti Twitter, Instagram, hingga Facebook. Sehingga hal tersebut akan mudah untuk mengenali akun resmi yang dipunyai oleh artis, perusahaan, politikus, dan juga orang penting lainya.

Google telah melakukan pengujian yang akan menambahkan fitur serupa pada Gmail. Dimana untuk centang biru yang akan diberikan untuk email adalah dengan standar identifikasi pesan. Hal ini didasarkan pada merek perusahaan yang akan ditandai dengan logo perusahaan yang ada pada gambar pengirim email. Akan tetapi untuk cara ini sendiri dikira belum mampu untuk menghindari penipuan karena pihak penipu bisa untuk menggunakan gambar profil dari perusahaan atau brand tersebut. Oleh karena itulah untuk logo BIMI ini masih dalam pengembangan karena belum ada informasi yang jelas mengenai perbedaannya dengan gambar profil.

Selain dari centang biru gmail, Anda juga dapat untuk menggunakan cara lainnya yang dapat digunakan untuk menghindari penipuan lewat email. Adapun untuk cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pertama adalah Anda bisa lebih teliti untuk memeriksa email pengirim. Hal ini biasanya akan terlihat karena mempunyai perbedaan alamat email perusahaan yang asli dengan yang palsu walaupun hanya satu huruf saja.
  2. Selanjutnya adalah jangan mengklik URL atau link secara sembarangan.
  3. Selanjutnya dapat untuk memperhatikan simbol kunci dan memanfaatkan two factor authentication yang dapat untuk mengamankan akun Gmail.
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security