Cara Menghemat Tagihan Air PDAM

cara menghemat tagihan air pdam

Cara Menghemat Tagihan Air PDAM


Air menjadi kebutuhan semua makhluk yang ada dibumi ini, terutama manusia yang menjadikan air sebagai pemenuhan kebutuhan. Dari mulai makan, minum, mandi, mencuci, memasak dan masih banyak lainnya memerlukan air. Namun hak itu tidak diimbangi dengan ketersediaan air bersih yang banyak di Indonesia, terutama bagi mereka yang memang berada pada daerah khusus sulit air. Padahal seperti yang dikatakan tersebut, tanpa air tentu manusia tidak akan dapat melakukan hal apapun setiap harinya.

Melihat kebutuhan air bersih yang harus terpenuhi, akhirnya pemerintah menyediakan air khusus bagi mereka yang memang berada pada daerah sulit. Tentu saja tidak gratis, ada biaya yang ditanggungkan untuk mengganti aliran setiap harinya. Bayaran yang diperlukan tersebut sesuai dengan pemakaian Anda, pastikan Anda berhemat. Karena terkadang seseorang dalam menggunakan air PDAM itu tidak terkontrol sehingga ketika melihat tagihan akan sangat menguras kantong. Apalagi itu berlaku panjang setiap bulannya harus membayar tagihan.

Keterbatasannya air di Indonesia bukan karena sumbernya yang tidak ada, tetapi memang semakin banyak pencemaran lingkungan yang mengakibatkan ketersediaan air bersih berkurang. Jika memang ada solusi membuat sumur bor tentu jawaban yang sering Anda dengar adalah lebih memilih untuk menggunakan air PDAM. Meskipun secara tagihan memang tidak semahal listrik, tetapi jika penggunaan Anda berlebihan pasti juga akan membengkak. Nah, untuk menghindari itu Anda bisa melakukan tips berhemat berikut ini:

1.Cek kebocoran.

Setiap kali air mengalir, baik itu Anda gunakan ataupun tidak sepengetahuan Anda tetap akan dilakukan pencatatan pada meteran air yang telah terpasang pada rumah Anda. Seperti halnya kebocoran, hal ini bisa menjadi tanggung jawab Anda meskipun tidak sengaja atau tidak sepengetahuan Anda. Nah, makanya perlu untuk melakukan pengecekan kebocoran dengan baik jangan sampai Anda membayar apa yang tidak Anda gunakan.

2.Hemat penggunaan.

Langkah yang kedua adalah dengan cara pengontrolan diri untuk lebih berhemat lagi, seperti yang telah dikatakan diatas jika hampir semua kegiatan itu menggunakan air. Makanya Anda perlu untuk membatasi kapan air mengalir, kapan harus mandi, dan pengurangan tersebut harus secara signifikan.

3.Menampung air.

Ini merupakan langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat, menempatkan air pada sebuah tempat. Ini bukan air dari PDAM tetapi air dari musim hujan, jangan salah ini dapat digunakan untuk mengganti saat kekeringan tiba. Seperti untuk menyiram tanaman, mencuci piring ataupun lainnya. Jangan lupa untuk memberi tutup agar terhindar dari nyamuk atau jentik-jentik.

4.Lakukan pengukuran.

Jika memang beberapa usaha yang telah Anda lakukan sebelumnya belum memberikan gambaran hasil yang signifikan. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada bagian pengukuran atau kalibrasi. Jika memang terjadi kejadian keluarnya sedikit air tetapi angka yang bertambah besar, maka Anda perlu untuk melakukan pelaporan kepada petugas PDAM agar segera membenahi. Dengan cara seperti itu, Anda juga bisa mengetahui kesalahan yang terjadi pada rumah Anda.

Nah, itulah beberapa usaha yang tidak menutup kemungkinan dapat membuat Anda lebih hemat lagi meskipun menggunakan air PDAM. Jika memang dengan usaha yang telah Anda lakukan diatas masih belum ada hasil yang signifikan, lebih baiknya melakukan pengecekan pada beberapa bagian lainnya. Jangan sampai Anda mengalami masalah tagihan PDAM yang besar padahal air yang digunakan tidak sesuai. Semoga sedikit tips diatas dapat membantu Anda keluar dari masalah penggunaan air PDAM yang boros.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security