Cara Mengaktifkan Kartu BPJS Kesehatan yang Sudah Tidak Aktif

cara mengaktifkan kembali kartu bpjs kesehatan

Cara Mengaktifkan Kartu BPJS Kesehatan yang Sudah Tidak Aktif

Ketika sedang sakit, maka sudah menjadi kewajiban untuk segera berobat, karena hanya inilah satu-satunya cara untuk mendapatkan kesembuhan. Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pengobatan yang cukup mahal membuat sebagian banyak orang tidak bisa menikmati fasilitas kesehatan yang tersedia, sehingga angka kematian karena penyakit juga semakin tinggi, khususnya untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Hal inilah yang membuat pemerintah kemudian mengeluarkan gagasan terkait dengan asuransi kesehatan yang preminya murah untuk masyarakat, yaitu BPJS kesehatan.

 

Apa Saja Keuntungan BPJS Kesehatan?

 

Selama beberapa tahun belakangan ini BPJS kesehatan sudah sangat membantu masyarakat Indonesia, baik itu yang berasal dari golongan menengah atas, maupun menengah ke bawah, karena dapat membantu memberikan layanan kesehatan dengan cara rutin membayar iuran setiap bulannya. Apalagi jika melihat dari total iuran yang dibayarkan sendiri sebenarnya juga tidak begitu mahal dibandingkan dengan mengikuti asuransi dari beberapa perusahaan yang lainnya. selain murah ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh BPJS ini, diantaranya adalah:

 

  1. Ada jaminan seumur hidup, artinya asalkan nantinya peserta dari BPJS tersebut rutin dalam melakukan pembayaran uang iuran sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan, maka fasilitas kesehatan tersebut bisa dinikmati selama seumur hidup, jadi baik itu ketika masih kecil, maupun sudah tua, asalkan masuk dalam kepesertaan maka bisa mendapatkan pengobatan secara gratis.
  2. Tanpa pengecualian, terkadang ketika Anda mendaftarkan diri menjadi anggota dari asuransi kesehatan di beberapa perusahaan, maka harus menjalani check up terlebih dahulu, mereka yang sedari awal sudah terdeteksi menderita penyakit tertentu, maka tidak bisa lagi atau ditolak untuk mendaftar asuransi, kecuali dengan membayar biaya premi yang lebih. Namun BPJS kesehatan ini tidak, karena semuanya tetap bisa mendaftarkan diri dan juga menjadi anggotanya.

 

Namun sering kali bagi para anggota atau peserta sendiri umumnya, ketika mereka sudah tidak lagi sakit, maka malas untuk melakukan pembayaran iuran yang sudah menjadi tanggungan, dimana memang iuran tersebut harus dibayarkan secara rutin hingga tanggal 10 setiap bulannya. Ketika tidak lagi membayar iuran, bahkan sampai dengan jangka waktu 1 tahun, secara otomatis nantinya kartu peserta BPJS tidak aktif, atau tidak lagi bisa digunakan. Sehingga sangat sayang, karena nantinya untuk menikmati fasilitas kesehatan harus tetap membayar seperti orang umum lainnya.

 

Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan

 

Untuk itu berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan untuk kembali mengaktifkan kartu BPJS yang sudah tidak aktif tersebut, diantaranya adalah:

 

  1. Masuk terlebih dahulu ke akun BPJS yang sudah dimiliki, bisa langsung cek ke situs BPJS resminya, nantinya masukkan nomor kartu dan juga tanggal lahir.
  2. Secara langsung akan menampilkan profil kartu yang dimiliki oleh peserta, termasuk juga jumlah tunggakan yang selama ini sudah tidak dibayarkan. Pastikan untuk mencatatnya.
  3. Setelah itu bayar tunggakan yang dimiliki tersebut, pastikan untuk membayarnya sampai lunas.
  4. Tunggu hingga 24 jam, untuk membuat kartu tersebut aktif kembali, maka peserta BPJS harus menunggu hingga sehari setelah melakukan pembayaran dan juga konfirmasi.

 

Biasanya keterlambatan pengaktifan, apalagi kartu sudah digunakan untuk pembayaran kesehatan, maka akan dikenai dengan denda, nominalnya berbeda-beda. Untuk itu pastikan jangan sampai lupa atau telat di dalam membayar BPJS kesehatan, langsung bayar di awal bulan, khususnya adalah sebelum tanggal 10, sehingga tidak akan dinonaktifkan, sangat sayang bukan, sudah memiliki namun tidak bisa digunakan.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security