Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Enkripsi “End-to-end” di Zoom

Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Enkripsi “End-to-end” di Zoom

Zoom merupakan salah satu andalan untuk dapat menjadi alat komunikasi terbaik yang bisa Anda andalkan di tengah pandemi. Dimana Anda bisa untuk menggunakannya untuk rapat dengan kolega, wisuda online, hingga juga dapat untuk menghadiri kelas online lewat aplikasi ini. Sehingga Zoom termasuk salah satu aplikasi penting yang bisa dimanfaatkan. Hal tersebut juga membuat aplikasi ini naik daun dan berusaha untuk selalu menghadirkan fitur terbaru untuk dapat memberikan kenyamanan pada penggunanya.

Hal tersebut membuat Zoom mempunyai fitur terbaru yang bisa digunakan oleh penggunanya. Dimana fitur terbaru tersebut adalah enkripsi end to end atau E2EE. Fitur ini merupakan fitur ujung ke ujung untuk semua pengguna. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk semua pengguna yang menggunakan layanan ini. Mulai dari yang menggunakan layanan berbayar maupun yang tidak berbayar. Fitur ini merupakan fitur terbaru yang akan membuat penggunanya merasakan kenyamanan ketika berkomunikasi karena mendapatkan keuntungan dapat untuk melakukan percakapan video konferensi yang lebih aman.

Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur ini bisa digunakan untuk pengguna Zoom. Dimana untuk berbagai perangkat yang bisa dan belum bisa menggunakan fitur E2EE ini adalah:

  1. Fitur ini bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk yang menggunakan aplikasi Zoom ini lewat PC dan juga MAC. Sehingga bagi Anda yang menggunakan dan menginstal Zoom dari PC dan Mac bisa untuk menggunakannya dengan mengikuti langkah tepat untuk mengaktifkan fungsi ini.
  2. Fitur ini juga dapat untuk dinikmati bagi Anda yang menggunakan smartphone. Bagi Anda yang memanfaatkan aplikasi Zoom dari iOS maupun Android juga bisa memanfaatkan E2EE sehingga bisa mendapatkan percakapan lebih aman.
  3. Fitur ini juga bisa untuk digunakan bagi Anda yang menggunakan Zoom Rooms untuk melindungi percakapan yang dilakukan.
  4. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan web client dan juga menggunakan aplikasi ketiga seperti Zoom SDK maka tidak bisa untuk menikmati fitur keamanan terbaru yang diberikan oleh Zoom ini.

Selain dengan mengetahui perangkat apa saja yang kompatibel untuk menggunakannya. Anda juga penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan fitur keamanan ini. Dimana Anda bisa untuk mengaktifkan dan juga mematikan fitur keamanan yang ditawarkan oleh Zoom sesuai dengan kebutuhan. Adapun untuk beberapa langkah yang bisa Anda gunakan ketika akan menghidupkan fitur keamanan Zoom adalah bisa menggunakan langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama tentunya dapat untuk masuk ke akun yang dimiliki untuk mengaktifkan fitur keamanan E2EE.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke web atau aplikasi Zoom yang Anda punyai.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih profile, setting, meeting, kemudian security.
  4. Anda bisa menemukan fitur Allow use of end to end encryption yang bisa digunakan.
  5. Untuk mengaktifkannya maka bisa untuk menggeser toggle dengan mengklik Turn On.
  6. Bagi yang menggunakan Zoom gratis bisa untuk memasukan nomor ponsel sehingga bisa memverifikasi terlebih dahulu.
  7. Anda mempunyai pilihan untuk menggunakan enchanced encription atau end to end encryption untuk menjadwalkan dan memulai video konferensi.

Fitur tersebut nantinya akan dapat untuk memberikan keamanan secara default ketika Anda melakukan percakapan menggunakan Zoom. Sehingga akan sangat bermanfaat apabila Anda melakukan rapat rahasia. Karena fitur ini akan dapat untuk melindungi percakapan dengan tidak membiarkan siapapun bahkan juga tim internal dari Zoom untuk mengakses data video konferensi yang dilakukan. Sehingga hal tersebut akan meningkatkan keamanan konferensi rahasia yang bisa dilakukan lewat Zoom.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security