Cara Membuat Visa Eropa

Cara Membuat Visa Eropa

Mumpung masih musim liburan tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya jalan-jalan ke luar negeri, ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Eropa, siapa yang tidak kenal dengan benua yang satu ini, ada banyak sekali negara-negara terkenal disana. Menjadi salah satu kawasan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia untuk kebutuhan liburan, apalagi beberapa kota yang ada di Eropa terkenal begitu romantis, pastinya akan sangat cocok bagi mereka yang pasangan yang ingin berbulan madu.

Namun tentunya ada banyak hal yang patut untuk dipersiapkan agar nantinya perjalanan jadi semakin nyaman dan juga menyenangkan, bukan hanya dari segi budget dan juga barang bawaan saja, melainkan yang paling penting adalah dokumen-dokumen legalitas untuk menginjak negara tersebut. Diantaranya adalah paspor dan juga Visa Schengen, yaitu visa yang secara khusus digunakan oleh masyarakat yang ingin liburan ke negara-negara kawasan Schengen tersebut. Yang dibutuhkan hanya satu Visa untuk mengunjungi satu negara di kawasan Schengen ini.

Lalu bagaimana cara pembuatannya, tidak perlu khawatir, karena nyatanya Anda hanya perlu mengikuti beberapa panduan berikut ini saja, diantaranya adalah:

  1. Membuat janji temu atau istilahnya adalah pengajuan appointment, khusus untuk janji temu ini sendiri dapat diajukan sendiri secara mudah lewat situs resmi yaitu VFS Global, bisa langsung akses disana dan isi form pengajuan sesuai dengan yang dibutuhkan. Nantinya Anda akan mendapatkan nomor antrian dan juga tanggal kapan harus datang ke kantornya langsung.
  2. Pilih negara pembuatan, karena memang ada banyak sekali negara anggota Schengen ini sendiri, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih negara tujuan, dimana memang negara tersebut menjadi yang paling lama untuk dikunjungi, tentunya sesuai juga dengan tiket pesawat negara yang dituju tersebut juga.
  3. Harus sudah memiliki paspor, ini bagian yang tidak kalah penting, dimana memang syarat untuk bisa membuat visa salah satunya adalah sudah memiliki paspor, untuk paspor ini sendiri juga harus masih aktif, maksimal adalah 6 bulan sebelum masa berlaku habis, karena jika tidak maka wajib untuk mengurus perpanjangannya terlebih dahulu.
  4. Siapkan semua jenis dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan, karena kantor pembuatannya hanya ada di kota-kota besar saja, maka patut untuk mempersiapkan semua dokumen yang akan dibawa nantinya selengkap-lengkapnya, dengan tujuan nantinya Anda tak harus bolak-balik mendaftar karena ada yang masih kurang.
  5. Pastikan untuk mencantumkan tiket pesawat atau bukti booking hotel, bagian lainnya yang juga harus dipenuhi adalah bukti pemesanan tiket pesawat maupun booking hotel yang sudah dikonfirmasi.
  6. Melampirkan asuransi, tak kalah penting karena akan mengunjungi negara lain, maka harus menyiapkan asuransi. Bahkan tak jarang diantaranya beberapa perusahaan asuransi yang ada di Indonesia menawarkan paket untuk pembuatan visa ke Eropa ini, sehingga akan sangat mempermudah. Bahkan beberapa diantaranya berani mengembalikan uang premi jika seandainya pengajuan permohonan visa ditolak.
  7. Menyiapkan salinan tabungan, ini akan sangat membantu jika ada masalah yang berkaitan dengan dana selama berada di luar negeri.
  8. Siapkan biaya untuk pembuatan visa tersebut, diantaranya adalah 60 Euro per orang.

Cukup ikuti langkah-langkah di atas saja agar nantinya pengajuan visa bisa diterima, selamat melakukan perjalanan menyenangkan ke Eropa. Patut untuk diingat bahwa berbeda tujuan, antara belajar, bekerja dan juga jalan-jalan maka jenis visa juga berbeda.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security