Cara Membersihkan Cache di Windows 10 Agar Komputer Lebih Cepat

Cara Membersihkan Cache di Windows 10 Agar Komputer Lebih Cepat

Sejalan dengan bertambahnya usia, umumnya perangkat teknologi seperti laptop ini rentan mengalami penurunan performa. Sehingga memakan waktu yang cukup lama untuk dijalankan. Bahkan untuk sekedar loading bisa memakan beberapa menit. Hal ini pastinya kerap kali Anda alami bukan. Bahkan sering kali menyebabkan emosi karena harus menunggu komputer yang lelet. Hal tersebut sebenarnya bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satu diantaranya adalah penumpukan sampah atau cache.

File cache ini merupakan file data sementara yang ada dalam sebuah aplikasi yang disimpan pada sebuah memori komputer. Pada dasarnya setiap program aplikasi ini memiliki sebuah file cache dan juga membutuhkan ruang penyimpanan sendiri. Jadi semakin sering program aplikasi tersebut digunakan, secara otomatis akan membuat terjadinya penumpukan, lama kelamaan hal ini akan memenuhi kapasitas memori yang ada dalam komputer. Untuk itu agar performa komputer menjadi optimal kembali, maka penting untuk membersihkan cache ini terlebih dahulu.

Berikut ini diantaranya ada cara mudah dalam membersihkan cache yang ada pada Windows 10, sehingga kinerja komputer bisa optimal kembali, yaitu memakai Disk Cleanup, Anda bisa pergi ke menu search terlebih dahulu, nantinya tinggal masukkan kata kunci yaitu ‘Disk Cleanup’, tunggu sampai nantinya muncul hasil pencarian tersebut dan pilih menu ‘Windows C’ kemudian klik OK, setelah itu tunggu karena sistem akan secara otomatis menghitung data yang tersimpan didalam komputer tersebut. Setelah itu baru gulir ke bagian bawah dan carilah opsi ‘Temporary files’, nantinya juga dapat memilih jenis file apakah yang ingin dihapus. Setelah memilih file tersebut lanjutkan dengan OK dan klik menu ‘Delete Files’, maka secara otomatis ia akan bekerja untuk menghapusnya.

Selain itu nantinya Anda juga dapat menghapus riwayat yang ada pada file explorer, caranya cukup mudah yaitu dengan mengakses menu ‘File Explorer’ yang ada pada bagian menu bar. Baru kemudian dapat dilanjutkan dengan klik tab View pada bagian atas layar tersebut, pilihlah Options yang ada pada menu General, selanjutnya adalah dengan menggulir pada tab Privacy dan klik Clear. Cukup mudah untuk dilakukan bukan.

Diantara aplikasi yang paling banyak menampung cache adalah browser, baik itu Google Chrome, Mozilla maupun Edge, sesuai dengan yang ada pada komputer Anda. Guna membersihkan cache yang terdapat dalam Google Chrome ini, maka cukup dengan klik menu ikon titik tiga yang ada pada bagian kanan atas layar. Setelah itu baru digulir ke bagian bawah sampai muncul menu History, setelah itu baru klik Clear browsing data, terakhir dengan Clear Data.

Berbeda lagi jika Anda ingin menghapus cache yang ada pada Mozilla Firefox. Caranya adalah dengan memilih ikon tiga garis vertikal yang ada setelah itu pilih Options. Gulir ke bagian bawah dan cari opsi Privacy and Security untuk menghapus file cache yang ada, baru kemudian klik Clear History dan paling akhir adalah Clear Now. Maka secara otomatis nantinya semua cache yang tersimpan akan langsung terhapus. Dengan menghapus cache ini nyatanya memberikan dampak yang begitu bagus bagi komputer Anda, karena nantinya performa akan lebih optimal kembali. Anda tidak perlu ketakutan nantinya kinerja dari komputer tersebut menjadi lemot. Pembersihan cache ini sendiri hendaknya juga harus dilakukan secara teratur, agar performa senantiasa optimal.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security