Cara Isi Token Listrik Pra Bayar

cara isi token listrik

Cara Isi Token Listrik Pra Bayar

Masyarakat Indonesia sampai dengan saat ini masih banyak yang menggunakan sistem listrik pasca bayar, dimana setiap pelanggan mempunyai kebebasan dalam menggunakan listrik terlebih dahulu selama sebulan lalu mendapatkan tagihan di akhir ataupun awal bulan dari pemakaian tersebut. Pada setiap bulannya pasti akan ada petugas dari PLN yang mendatangi rumah Anda untuk melakukan pengecekan, pencatatan, serta penghitungan jumlah meter dari masing-masing pengguna. Selain itu PLN juga akan melakukan penagihan secara terus-menerus untuk mereka yang tidak melakukan pembayaran secara tepat waktu, bahkan ada pula yang diputus aliran karena pembayaran yang masih kurang.

 

Penggunaan sistem listrik pasca bayar ternyata dinilai pemerintah tidak efektif untuk penghematan, akhirnya muncul sistem baru yang disebut prabayar. Jadi pada sistem ini pelanggan diharuskan untuk membeli pulsa atau membayar terlebih dahulu sebelum akhirnya menggunakan. Hal ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Setelah melakukan pembelian, pemilik langsung memasukkan nomor token yang telah didapatkan pada alat meteran yang telah terpasang ditempat pelanggan. Ini dikatakan lebih efektif dan efisien dari pada sebelumnya.

 

Cara Pengisian Token Listrik

 

Kemunculan listrik sistem prabayar yang sudah lama ternyata tidak menjadi patokan pengetahuan dari masyarakat. Terbukti masih banyak dari mereka yang belum mengetahui cara penggunaan, seperti ketika melakukan pengisian token listrik. Bagi Anda yang masih merasa bingung seperti apa, berikut ini ada petunjuk yang dapat Anda tiru yaitu:

 

  1. Pertama-tama Anda harus membeli pulsa token listrik terlebih dahulu, ini bisa dilakukan pada beberapa tempat seperti kantor pos, supermarket, minimarket dan beberapa tempat lainnya. Anda tinggal menunjukkan nomor ID meteran saja sudah bisa langsung diproses dan mendapatkan nomor struk token.
  2. Selanjutnya Anda masukkan angka yang sudah didapatkan tersebut pada meteran, umumnya nomor yang Anda terima berjumlah 20 angka. Setelah semuanya benar dan dimasukkan saatnya untuk menekan ENTER.
  3. Ketika Anda melakukan kesalahan ketika menekan nomor token, bisa gunakan tombol backspace untuk menghapusnya. Jika setelah menekan tombol enter dan sesuai pasti pada meteran akan muncul tanda BENAR. Namun jika terjadi kekeliruan nomor pasti tidak dapat masuk dan Anda harus melakukan pengisian dan pengulangan dalam penulisan dari awal.

 

Nah, itulah beberapa poin yang dapat dilakukan untuk melakukan pengisian pulsa token listrik prabayar. Jika dibandingkan dengan listrik pasca bayar memang lebih mudah penggunaan prabayar, dimana Anda bisa mengatur sendiri berapa penggunaan listrik setiap bulannya. Dan bisa langsung melihat sendiri informasi melalui alat meteran yang sudah terpasang dengan beberapa keterangan seperti:

 

  1. Informasi jumlah energi listrik yang Anda gunakan setelah dilakukan pemasukan token.
  2. Informasi mengenai jumlah energy yang sudah digunakan selama ini, jadi bisa langsung terkontrol.
  3. Jumlah energi yang sudah digunakan saat ini secara real time tanpa penipuan sistem.
  4. Jumlah energi listrik yang masih tersisa, dengan begitu Anda akan lebih paham kapan harus melakukan pengisian ulang.
  5. Jika energi listrik yang Anda gunakan hampir habis pasti akan memberikan sinyal berupa alarm ataupun lampu indikator.

 

Baca disini : Cara menghemat token listrik PLN

 

Demikian apa saja yang perlu Anda pahami ketika memilih untuk menggunakan jenis listrik prabayar untuk kebutuhan setiap harinya. Pada dasarnya baik prabayar ataupun pasca bayar itu sama saja untuk memenuhi kebutuhan listrik, tetapi dengan dua jenis tersebut Anda bisa membedakan sendiri mana yang lebih cocok. Meskipun keluaran prabayar sudah banyak, untuk saat ini pemasangan listrik pasca bayar juga masih dapat dilakukan.

 

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security