Cara Backup Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang Saat Ganti Ponsel

Cara Backup Chat WhatsApp Agar Tidak Hilang Saat Ganti Ponsel

Semakin lama pengguna aplikasi WhatsApp memang semakin banyak, apalagi semakin kesini jika dilihat juga aplikasi yang satu ini menawarkan jauh lebih banyak fitur-fitur terbaru yang menjamin kenyamanan dan juga keamanan bagi penggunanya. Bahkan sekarang ini pengguna juga diberikan fitur baru yang dapat memindahkan akunnya dari satu ponsel yang digunakan ke ponsel yang lainnya. hanya saja terkadang kelemahannya adalah riwayat percakapan yang pernah dilakukan juga akan ikut terhapus secara otomatis. Kecuali memang pengguna tersebut telah melakukan backup dan juga restore terlebih dahulu.

WhatsApp sendiri memang sudah memiliki fitur tersebut dan dapat digunakan secara mudah. Sehingga nantinya riwayat chattingan Anda juga tak akan begitu saja hilang ketika ganti ponsel yang baru. nantinya fitur tersebut dapat digunakan melalui menu setting yang ada pada akun masing-masing dengan memanfaatkan keberadaan layanan dari Google Drive. Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut akan sedikit merepotkan. Namun dengan melakukan backup ini maka nantinya riwayat percakapan Anda yang ada di WhatsApp juga akan tetap aman.

Jadi meskipun sering kali gonta-ganti ponsel dengan yang baru, tentunya riwayat dari percakapan akan tetap aman. Lalu bagaimana caranya untuk melakukan backup tersebut? Langkah-langkahnya sangatlah mudah, berikut ini yang dapat Anda coba, yaitu:

  1. Pastikan bahwa nomor WhatsApp yang Anda gunakan tersebut sama dengan nomor yang tercantum pada akun Gmail. Ini termasuk dalam syarat mutlak yang tidak boleh diganggu gugat. Karena jika seandainya nomor yang Anda pakai tersebut berbeda tentunya tak akan bisa di backup.
  2. Sementara itu untuk akun Gmail yang digunakan pada ponsel tersebut hendaknya adalah akun yang telah masuk di ponsel Anda. Cara memulihkan atau mencadangkanya memang tidak sulit. Hanya saja memerlukan waktu yang tidak sebentar, sehingga pastikan Anda juga harus sabar. Pastikan juga bahwa koneksi internet Anda cukup bagus, sehingga nantinya tidak terputus-putus di tengah jalan. Hal ini juga membutuhkan kuota internet yang cukup banyak.
  3. Buka aplikasi WhatsApp yang Anda miliki kemudian klik pada bagian titik tiga vertikal yang lokasinya ada di bagian pojok kanan atas. Setelah itu nantinya Anda dapat memilih setting, dilanjutkan dengan memilih chat kemudian klik chat backup. Anda dapat memilih backup to Google Drive. Tentukan kapan saja nantinya Anda ingin mencadangkannya. Baik itu setiap hari, sebulan sekali, atau bahkan juga tidak pernah, maupun jika Anda hanya ingin mengeklik cadangkan.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih akun Google Drive yang ingin digunakan untuk menyimpan riwayat chat tersebut. Pengguna nantinya juga dapat menambahkan alamat Gmail jika seandainya belum sign-in di perangkat tersebut. Selanjutnya maka Anda dapat memilih back-up over untuk koneksi yang digunakan untuk mencadangkannya, apakah hanya wifi atau dengan paket data. Nantinya pengguna juga akan diberikan pilihan apakah ingin mencadangkan video yang ada ataukah tidak.
  5. Jika semuanya sudah selesai maka Anda tinggal mengeklik bagian Back up dan semua cat akan tersimpan. Untuk lama tidaknya disesuaikan dengan ukuran chat tersebut.

Untuk memulihkan cadangan yang sudah dilakukan juga bukan hal yang sulit. Karena setelah nantinya WhatsApp tersebut diinstall ke ponsel atau smartphone yang baru, maka Anda akan masuk ke akun baru, pengguna cukup klik saja restore lalu next guna memulihkan chat yang sudah tersimpan.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x  Powerful Protection for WordPress, from Shield Security
This Site Is Protected By
Shield Security