Zoom Gulirkan Fitur Keamanan untuk ‘Ngobrol’ Rahasia

Zoom Gulirkan Fitur Keamanan untuk ‘Ngobrol’ Rahasia

Di tengah pandemi covid-19 yang belum juga ada titik terangnya kapan akan selesai, menjadi alasan bagi para pegiat tekhnologi untuk menciptakan berbagai macam alat yang canggih supaya kehidupan manusia bisa berjalan normal. Untuk itu kemudian muncullah salah satu aplikasi yang cukup ternama saat ini yakni zoom. Jadi yang belum tahu apa itu zoom, bahwa ini merupakan salah satu bentuk terobosan yang paling baru yang merupakan salah satu bentuk platform telekonferensi yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi tatap muka jarak jauh.

Jadi yang awalnya zoom hanya bisa digunakan untuk ngobrol dan berbincang dengan rekan satu obrolan ternyata saat ini dalam perkembangannya, mereka telah berhasil memperkuat sistem keamanannya. Perusahaan terkemuka asal San Jose, Amerika Serikat kabarnya telah berhasil merancang teknologi zoom menjadi lebih menarik dan tentu juga terjamin keamanannya. Mereka telah berhasil menciptakan dan membawa sistem keamanan mereka pada level sistem keamanan yang sudah terenskripsi secara end-to-end ( E2EE). Untuk sistem keamanan tersebut masih belum baru. Karena pada berita yang telah rilis menyebutkan bahwa pihaknya baru merilis sistem keamanan tersebut secara resmi pada 19 Oktober 2020 lalu.

Sebagai pimpinan dari pihak Zoom yakni Max Krohn yang merupakan kepala pada bagian sistem menyebutkan bahwa fitur ini sudah tersedia bagi para pengguna zoom dari seluruh penjuru dunia. Baik yang berbayar atau gratis sekalipun. Jadi layanan enkripsi end-to-end tersebut memang nantinya akan tersedia sebagai salah satu bentuk teknis versi yang terbaru yaitu technical preview. Jadi dalam hal ini artinya pihak zoom akan meminta pendapat dan melakukan survey pada penggunanya selama 30 hari ke depan. Jadi nanti bila fitur ini sudah tersedia dalam artian sudah bisa berfungsi dengan normal maka nantinya para pengguna dapat mengatur keamanan ini dengan sangat baik. Yakni bisa dilakukan pada tingkat grup dan bahkan akun sekalipun. Sangat menarik bukan?

Jadi dengan adanya teknologi tersebut pihak zoom telah melakukan klaim bahwa nantinya komunikasi bisa dijalankan dengan lebih aman dan tentunya juga secara rahasia. Dengan begitu bisa menjadi jaminan bahwa semua para pengguna zoom bisa terbebas dari yang namanya peretas. Dan yang bikin semakin menarik adalah bahwa kabarnya nanti dari sesi rapat virtual yang nantinya akan dilindungi oleh sistem E2EE ini juga bisa digunakan lebih mudah yakni akan bisa digunakan dan dilihat dengan cara yang lebih mudah pada tampilan utama menu pada Zoom. Sebagai contohnya adalah tampilan yang ada pada jendela utama.

Ada satu hal yang tidak kalah menarik bahwa nantinya para pengguna Zoom juga bisa melihat salah satu ikon yang cukup menarik yakni tameng hijau. Yang letaknya terletak pada pojok kiri atas yang ada pada tampilan utama Zoom. Jika nantinya aplikasi tersebut di klik maka akan muncul beberapa bentuk kode enkripsi yang nantinya akan tersimpan secara lokal yang ada pada mesin pengguna. Dan nantinya untuk layanan ini yang paling terbaru akan disodorkan dalam bentuk 4 tahap.

Karena akan diluncurkan lewat 4 tahap, yakni untuk tahapan pertama sudah diluncurkan pada 19 Oktober lalu yang sudah digunakan oleh beberapa pengguna. Dan hal ini kabarnya juga sudah menyebar ke berbagai pengguna yang lain. dan yang paling terpenting adalah jika para pengguna ingin memanfaatkan sistem E2EE tersebut maka langkah pertama adalah dengan verifikasi akun dan juga nomor telepon yang digunakan untuk aplikasi Zoom mereka.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield