XL Mulai Gelar Layanan Voice Over LTE di Jakarta dan Medan

XL Mulai Gelar Layanan Voice Over LTE di Jakarta dan Medan

Pengguna layanan provider di Indonesia bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut karena banyaknya provider yang ada dan tersedia dengan banyak keunggulan dan kekurangan masing-masing. Karena mempunyai banyak saingan tersebut, maka tidak heran apabila setiap provider tentu saja menawarkan banyak inovasi baru dan layanan terbaik yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Hal tersebut juga ditawarkan oleh XL Axiata yang menawarkan inovasi Voice over LTE.

Layanan Voice over LTE atau VoLTE sendiri merupakan layanan percakapan melalui jaringan data LTE atau Long Term Evolution. Sehingga dengan menggunakan layanan ini nantinya Anda akan mendapatkan layanan lebih telepon yang lebih baik. Dimana keunggulannya adalah Anda akan mendapatkan kualitas suara yang lebih jernih sehingga membuat komunikasi lebih lancar. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat karena banyak konsumen yang mengeluhkan mengenai suara yang putus, tidak jelas, dan juga suara yang kurang jernih apabila menggunakan jaringan walaupun sudah LTE. Selain itu keunggulan lainnya adalah konsumen akan bisa mendapatkan kecepatan sambung antar perangkat yang lebih cepat. Sehingga hal tersebut tentu saja juga akan membuat komunikasi yang dilakukan menjadi lebih lancar.

Layanan ini juga memberikan klaim bahwa layanan yang berbasis jaringan 4G ini akan dapat memungkinkan pelanggan untuk dapat tetap tersambung dengan internet ketika menerima atau melakukan panggilan telepon. Seperti yang telah disebutkan di atas, nantinya ketika melakukan panggilan Anda akan bisa mendapatkan suara yang lebih jernih dibandingkan dengan panggilan telepon konvensional. Dengan suara jernih, HD Voice, dapat untuk menghilangkan noise yang ada di belakang, dan juga kecepatan lebih cepat dibandingkan jaringan 2G ataupun 3G.

Akan tetapi bagi pengguna XL harus bersabar, karena layanan ini akan baru dinikmati hanya di dua kota saja yaitu di Jakarta dan juga Medan. Layanan VoLTE di Indonesia dari XL ini mulai digelar hanya di ibukota Jakarta dan juga Medan. Kota Jakarta tentu saja tidak mengherankan menjadi kota pilihan karena merupakan ibukota Jakarta yang menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan dan juga sudah menikmati jaringan LTE lebih baik. Hal tersebut juga ada di kota Medan yang mempunyai jaringan pendukung paling lengkap dan juga paling baik, sehingga menjadi kota pilihan untuk menikmati layanan VoLTE.

Hal tersebut juga didukung dengan pernyataan dari Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata yaitu I Gede Dharmayusa yang menyebutkan bahwa fibersisasi site yang paling maju ada di dua kota tersebut. Sehingga nantinya tidak akan banyak kendala yang dihadapi dari program VoLTE XL. Fibersasi sudah berada pada 60 hingga 70 persen site, sehingga hal tersebut membuat network tidak mempunyai masalah.

Layanan VoLTE sendiri sebenarnya sudah disiapkan oleh XL semenjak tahun 2019, akan tetapi bisa dimaksimalkan dan juga dilakukan pada tahun 2020. Dimana sudah hampir seluruh ponsel yang menggunakan jaringan XL telah mendukung VoLTE. Selain di Jakarta dan Medan, nantinya program VoLTE juga akan dapat diperluas dan bisa dinikmati oleh kota-kota lainnya. Hal tersebut menjadi rencana kedepan sehingga pada akhir 2020 setidaknya kota besar lainnya sudah dapat menikmati layanan VoLTE dari XL. Dimana sekarang ini ada setidaknya 3000 BTS XL yang siap digunakan untuk mendukung layanan 4G LTE dan berencana untuk menyiapkan lebih banyak lagi di ratusan kota besar lainnya agar dapat mendukung layanan VoLTE.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield