XL Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara untuk Nelayan

XL Kenalkan Aplikasi Laut Nusantara untuk Nelayan

Kini bukan hanya masyarakat yang bekerja di daratan saja yang bisa menikmati berbagai macam fiture teknologi canggih, melainkan juga mereka yang bekerja di laut. Mungkin sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda. Bahwa beberapa waktu belakangan ini PT XL Axiata Tbk ini baru saja mengeluarkan sebuah aplikasi Laut Nusantara. Bahkan sudah banyak diantara daerah-daerah yang mendapatkan sosialisasi mengenai aplikasi baru yang satu ini.

Lalu sebenarnya apakah aplikasi tersebut dan seperti apa kontribusi atau manfaatnya di bidang maritim tersebut? Ini merupakan sebuah aplikasi digital yang dikembangkan untuk kepentingan masyarakat, khususnya adalah nelayan, dimana memang sebelumnya sangat jarang diantara kapal-kapal yang berlayar sudah memanfaatkan keberadaan produk-produk teknologi yang ditujukan untuk kebutuhan mereka dalam bekerja. Tak hanya ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja saja. Melainkan aplikasi yang satu ini juga memiliki manfaat lain di dalam meningkatkan keamanan kerja.

Sosialisasi tersebut diantaranya dilakukan di Banyuwangi, salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur yang juga merupakan penghasil ikan terbanyak yang ada di Indonesia, acara ini diikuti oleh kurang lebih 100 nelayan. Ditujukan agar nantinya mereka mengubah kebiasaan mereka dalam menangkap atau mencari ikan dari metode tradisional, kemudian memanfaatkan metode yang berbasis teknologi tersebut.

Acara sosialisasi tersebut juga memiliki banyak sekali tujuan-tujuan yang lainnya, seperti diantaranya adalah untuk membantu pemerintah di dalam menyiapkan masyarakat, dari berbagai lapisan atau kalangan, termasuk diantaranya juga nelayan untuk masuk ke era teknologi yang nantinya akan semakin mempermudah pekerjaan mereka kedepannya. apalagi sekarang ini sudah banyak diantara ponsel-ponsel canggih atau smartphone yang dibekali dengan berbagai macam fiture unggulan untuk mempermudah komunikasi, bahkan juga digunakan dalam bekerja.

Aplikasi Laut Nusantara yang dikeluarkan oleh XL ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah untuk:

  1. Membantu untuk menemukan atau mendeteksi lokasi ikan berada, inilah yang paling dibutuhkan oleh nelayan saat ini, agar tidak kalah saing dengan nelayan yang berasal dari luar negeri, apalagi dalam menangkap kekayaan ikan di negara ini, maka hadirlah sebuah aplikasi yang bisa dipakai untuk mendeteksi keberadaan ikan. Apalagi jika dilihat belakangan ini perolehan ikan yang diterima oleh masyarakat, khususnya adalah nelayan di daerah Banyuwangi juga terus turun. Aplikasi yang satu ini akan sangat membantu di dalam meningkatkan perolehan ikan mereka kembali.
  2. Tetap lancar digunakan untuk menjalin komunikasi dengan keluarga di rumah, memang ada sebuah resiko bekerja sebagai nelayan, dimana harus jauh dari anggota keluarga di rumah, apalagi di tengah laut sendiri juga tidak ada akses jaringan yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, namun belakangan ini XL juga dengan jangkauan yang lebih luas, bisa memberikan akses jaringan untuk tetap lancar berkomunikasi darimanapun.
  3. Digunakan untuk memberikan panduan keselamatan kerja, manfaat lainnya adalah dalam produk aplikasi tersebut juga tersedia tata cara atau panduan keselamatan dalam bekerja, khususnya di laut.

Aplikasi yang satu ini sudah dibuat berdasarkan sumber data dari Balai Riset dan Observasi Laut sehingga ada jaminan kepercayaannya. Sangat bagus digunakan khususnya adalah pada nelayan-nelayan kecil, sehingga tidak kalah dibandingkan dengan nelayan yang memang sudah menggunakan perahu besar dan memiliki perangkat teknologi lebih lengkap untuk menunjang pekerjaan mereka. Anda wajib untuk mencobanya ada banyak fiture menarik di dalam aplikasi ini.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield