XL Ekspansi Jaringan 4G Keluar Pulau Jawa

XL Ekspansi Jaringan 4G Keluar Pulau Jawa

Pulau Jawa memang dapat dikatakan sebagai kepulauan paling maju di Indonesia, sehingga tidak heran lebih mudah mendapatkan akses jaringan untuk kebutuhan komunikasi disini jika dibandingkan dengan pulau yang lainnya. Bahkan meskipun sudah sejak lama banyak diantara provider yang sudah mulai meningkatkan kualitas layanan mereka sampai dengan kecepatan 4G LTE, namun nyatanya tidak semua daerah sudah merasakan akses internet super cepat tersebut. Kebanyakan diantaranya masih setia dengan akses internet 3G HDSPA, apalagi di kawasan luar Jawa.

Namun belakangan ini semakin banyak diantara provider-provider yang akan mulai meratakan layanan jaringan mereka sampai dengan 4G LTE, termasuk diantaranya adalah PT. XL Axiata, beberapa waktu belakangan ini mereka memiliki target untuk meratakan pembangunan jaringan internetnya di luar Pulau Jawa, sehingga konsumen setianya bisa menikmati akses internet yang sama cepatnya dengan mereka yang tinggal di pulau Jawa. Fokus pembangunan ekspansi jaringan di luar Pulau Jawa tersebut untuk memperluas cakupannya. Setidaknya jumlah yang akan dibangun oleh perusahaan ini tidak main-main, yaitu mencapai 17.000 base transceiver station atau BTS.

Di Jawa memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya pembangunan akses jaringan seperti ini sudah jauh lebih maju, meskipun tetap ada beberapa wilayah yang memang terkendala akan aksesnya, menjadi kurang lancar karena kawasan yang berbukit. Sedangkan untuk kawasan luar Jawa meskipun sudah sejak lama ada akses jaringan 4G LTE, namun itu hanya terbatas di kota besarnya saja, sedangkan kota-kota lainnya masih belum merasakan akses internet super cepat ini. padahal di era teknologi seperti sekarang ini tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan internet masyarakat semakin tinggi. Diantaranya adalah dipakai untuk kebutuhan akses informasi dan juga menunjang pekerjaan.

Namun bukan berarti hanya di luar Jawa saja yang tahun ini akan mendapatkan layanan ekspansi jaringan dari XL, melainkan untuk kawasan Jawa sendiri pihak XL akan tetap memamerkan pembangunan, diantaranya adalah dengan upgrade capacity. Sehingga kualitas akses internet menjadi lebih cepat dan juga stabil dibandingkan dengan sebelumnya. Pengguna atau pelanggan dari EXCL saat ini sendiri mencapai angka 53,5 juta orang, setidaknya 72 persen diantaranya yang sudah menggunakan smartphone, sedangkan sisanya lagi tetap pelanggan XL, namun untuk perangkat teknologi yang dipakainya masih terbatas ponsel biasa, sehingga mungkin tidak begitu membutuhkan akses jaringan internet yang cepat.

Meskipun jumlah pengguna sudah lebih dari 53 juta, namun yang terkoneksi dengan internet 4G sendiri hanya sebatas 25 juta orang saja, sedangkan lebih banyak sisanya yang masih belum bisa merasakan akses internet super cepat tersebut. Sehingga tidak heran jika seandainya XL sebisa mungkin ingin memberikan layanan terbaiknya kepada konsumen setia. Apalagi pengguna dari provider komunikasi tersebut tak hanya mereka yang tinggal atau menempati Pulau Jawa saja, melainkan sebagian banyak diantaranya juga berasal dari luar Pulau Jawa. Dengan adanya gebrakan ini, maka tahun depan mungkin lebih banyak lagi masyarakat yang sudah mulai merasakan akses internet super cepat di kawasan luar Pulau Jawa, karena ditargetkan program ini akan selesai di tahun 2019. Mengingat mungkin tahun mendatang juga sudah ada akses internet super cepat lainnya yang merambah ke Indonesia, yaitu 5G. Semakin kesini jika dilihat masyarakat memang kian dimanjakan dengan kenyamanan akses internet yang makin cepat tersebut

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield