XL Bangun Teknologi 5G, Regulasi Itu Penting!

XL Bangun Teknologi 5G, Regulasi Itu Penting!

Seperti yang sudah disadari oleh banyak orang jika penggunaan internet saat ini memang sudah jauh melebihi batas. Hal tersebut tentu saja melihat dari beberapa kebutuhan masyarakat akan internet dalam segala aspek kegiatannya. Mulai hanya dari bermain sampai dengan bekerja, hampir semuanya dipermudah atau bergantung dengan adanya internet. Bisa dikatakan didalam dunia modern ini internet mempunyai peran yang cukup penting dan tidak bisa dipisahkan dengan manusia. Apakah Anda sadar akan hal tersebut secara umum?

Perkembangan teknologi secara global sangat jauh sekali dari perkiraan, bahkan untuk saat ini operator telekomunikasi di Indonesia sudah banyak yang melakukan inovasi dan tidak ingin ketinggalan. Salah satu yang sudah mempersiapkan adalah Xl, dimana perusahaan populer satu ini sudah melakukan uji coba. Bahkan belum lama ini uji coba tersebut digelar bersamaan dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Hal ini menjadi sebuah bukti inovasi yang dilakukan oleh perusahaan provider tersebut.

Menggunakan kawasan kota tua sebagai uji coba, Xl Axiata melakukan penerapan berbagai aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan dengan menggunakan teknologi 5G dan Wireless Gigabit (Wigig). Hal tersebut dilakukan guna menjajal kemungkinan adopsi teknologi digital terkini pada sebuah layanan publik di ibu kota. Disinilah pentingnya regulasi secara keseluruhan, jadi inovasi yang ada dapat memberikan dampak yang cukup bermanfaat untuk semua pihak dalam berbagai bidang seperti:

  1. Pengelolaan lingkungan publik.
  2. Pengelolaan layanan publik.
  3. Penerapan infrastruktur publik.
  4. Penerapan transportasi untuk publik.

Dari uji coba yang telah dilakukan oleh pihak perusahaan provider Xl dengan pemerintah diharapkan mampu memberikan gambaran yang lebih luas mengenai penerapan dalam sistem smartcity DKI Jakarta. Salah satu manfaat yang didapatkan secara nyata adalah dengan meningkatkan kualitas layanan publik lebih efektif dan lebih efisien lagi, baik dalam ibukota ataupun beberapa kota di Indonesia lainnya. Ini bisa menjadi langkah serius dari Xl untuk segera mewujudkan inovasi terbaru mereka dalam bidang layanan telekomunikasi.

Seperti yang diketahui jika sebelumnya sudah ada 4G dengan kecepatan yang tinggi, apalagi untuk jenis 5G yang lebih tinggi lagi. Hal ini secara langsung memberikan solusi dari permasalahan penggunaan internet untuk pengelolaan ataupun layanan masyarakat. Hal tersebut akan memberikan layanan yang semakin berkualitas, keuntungan secara langsung diperoleh untuk pemerintah ataupun untuk masyarakat secara lebih luas lagi. Bukan hanya pada kota besar, selagi masih mencukupi akan dibangun beberapa pada pelosok daerah agar memudahkan semua pihak.

Kecepatan dalam penggunaan internet menjadi keunggulan sendiri, hal tersebut bisa langsung didapatkan dari 5G yang akan diterapkan oleh Xl tersebut. Jika berhasil kemampuan kecepatan sampai dengan 20 Gbps dan stabil tinggi akan dirasakan dengan baik. Bahkan koneksi tersebut akan memberikan kemudahan untuk siapa saja baik user individual ataupun industrial. Biaya operasional yang lebih efektif dan efisien pun akan dirasakan. Hal ini sewajarnya regulasi dilakukan oleh pemerintah dalam hal pengembangan penggunaan teknologi 5G.

Mengingat besarnya manfaat atau keuntungan yang didapatkan dari jaringan dan layanan 5G untuk berbagai keperluan. Diharapkan pemerintah tidak pernah ragu untuk menyiapkan regulasi sebagai implementasi di Indonesia. Apalagi sudah diyakini jika keberadaan 5G dapat meningkatkan kontribusi industri telekomunikasi dalam upaya percepatan pembangunan nasional dalam semua aspek atau bidang. Melihat kabar dari Xl Axiata tersebut tentu menjadi salah satu bentuk inovasi yang perlu dukungan semua pihak.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield