XL Axiata Tunjuk Huawei Untuk Solusi Optical Networking 2.0

XL Axiata Tunjuk Huawei Untuk Solusi Optical Networking 2.0

Menjelang adanya kecepatan internet generasi kelima yaitu 5G, operator XL Axiata bekerja sama dengan produsen gadget Huawei, dengan merekonstruksi jaringan telekomunikasi mereka menggunakan fiberisasi kabel optic dari Huawei. nantinya Xl Axiata juga akan memperluas jaringanya untuk bisnis Fixed Mobile nya, menurut Xl Huawei menjadi solusi tepat untuk mendukungnya memperkembangkan jaringan bearer, sehinga mempercepat jaringan respon internet. Dan pihaknya berharap solusi optical networking 2.0 yang dimiliki Huawei menjadi solusi tepat dan dapat menyederhanakan arsitektur jaringan yang ada menuju internet generasi ke 5 (5G).

Solusi yang dihadirkan oleh Huawei ialah Huawei Optical Networking 2.0 menggunakan OXC (all-optical cross-connect). OXC adalah sebuah peranti industri yang mampu mendukung dibangunnya jaringan mesh backbone secara 3D. nantinya Jaringan yang akan lebih cepat dan responsif ini diharapkan bisa sangat mendukung tren Cloud VR sampai live broadcast dengan mencapai resolusi 4K.

Namun kerja sama ini dituding sebagai salah satu hal yang bisa dibilang terlalu cepat keputusannya, pasalnya dinegara- negara di benua amerika dan juga eropa bahkan jepang pun memboikot untuk  bekerja sama denga Huawei, karena digadang-gadang fiberasi kabel optic Huawei sebagai mata-mata dari negara tiongkok, meskipun dari piohak Huawei menolak tudingan tersebut secara mentah-mentah, hingga ramai di media amerika serikat, Huawei mengajak awak media setempat untuk mendatangi markas dari produsen gadget raksasa tersebut.

Dengan adanya hal tersebut Menkominfo menanggapinya dengan menyatakan bahwa kita Indonesia tidak bisa paranoid denga isu-isu pemboikotan Huawei, apalagi operator telekomunikasi Indonesia masih bergantung pada asing. Indonesia punya 300 BTS Asing, Huawei juga signifikan disini, kenapa kita harus takut, ujar kominfo Rudiantara.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield