Listrik Pintar & Token Listrik

listrik pintar token listrik

Listrik Pintar & Token Listrik

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang, apalagi dijaman modern seperti sekarang ini yang semua perangkat pembantu kegiatan bergantung dengan adanya listrik. Di Indonesia sendiri ketersediaan listrik sudah semakin baik, bahkan sampai dengan pelosok negeripun sudah mulai terpenuhi dengan baik. Hal ini tentu membuat PLN sebagai penyedia telah membantu banyak sekali, kenyamanan dalam kehidupan semakin dirasakan oleh setiap orang Indonesia. Makanya dari itu keberadaan listrik tidak bisa digantikan, tanpa adanya listrik pasti akan mengganggu segala bentuk aktivitas setiap orang.

 

Mungkin jaman dahulu orang menggunakan listrik lebih mudah karena bisa melakukan pembayaran di akhir setelah menggunakan atau sering disebut dengan pascabayar. Dari segi konsumen memang itu lebih menguntungkan karena tidak perlu membayar diawal tetapi bisa langsung menggunakan. Tetapi hal itu akan lebih merugikan untuk pemerintah, karena banyak masyarakat yang akhirnya melakukan penunggakan pembayaran setelah menggunakan. Untuk mengantisipasi hal itu akhirnya pemerintah mengeluarkan sistem listrik yang baru yaitu prabayar atau disebut juga dengan listrik pintar.

 

Pro dan kontra tentu ada pada saat pergantian jenis sistem listrik saat ini, tetapi pemerintah selalu memberikan sosialisasi dengan baik. Jika dilihat sebenarnya jenis listrik pintar itu lebih menguntungkan oleh kedua belah pihak baik dari pemerintah ataupun pengguna. Tetapi hal itu tidak disadari baik oleh masyarakat, berikut ini ada beberapa keuntungan menggunakan listrik prabayar secara jelas yaitu:

 

1. Biaya ekonomis dan lebih akurat.

Bisa dikatakan biaya yang diperlukan untuk penggunaan sistem listrik prabayar lebih mudah karena memang hanya dibebani ketika token awal saja. Belum lagi perhitungan biaya yang lebih akurat karena pada listrik pintar tersebut sudah tidak menggunakan perhitungan perbulan atau manual. Sehingga tingkat kemungkinan kurang akurat akan lebih kecil jadi lebih ekonomis untuk masyarakat.

 

2. Mempermudah PLN.

Bukan hanya memudahkan pengguna tetapi juga PLN ketika harus melakukan pengecekan tidak perlu mendatangi lokasi dari listrik saat pascabayar. Untuk sebagian besar masyarakat memang mengatakan itu lebih rumit karena akan menjadi patokan atas perhitungan listrik. Tetapi untuk listrik yang menggunakan token sudah tidak berlaku mengenai hal-hal tersebut.

 

3.Tidak ada denda telat.

Seperti yang telah dikatakan diatas jika penggunaan listrik pintar memang memberikan keuntungan untuk masyarakat dan juga pemerintahan. Salah satunya pada saat ada keterlambatan pembayaran dan pemerintah rugi. Karena dengan listrik prabayar masyarakat akan lebih bisa mengatur sendiri seberapa keperluan listrik, jika tidak mengisi token secara otomatis tidak dapat menggunakan listrik.

 

4. Lebih hemat listrik.

Sadar atau tidak sadar penggunaan listrik pintar itu mengajarkan kepada masyarakat untuk lebih berhemat. Karena sistem meteran yang digunakan akan memudahkan masyarakat untuk memantau secara langsung seberapa besar penggunaan, jika terlalu banyak bisa langsung mengurangi begitu pula sebaliknya.

 

5. Lebih aman.

Sudah sering sekali kasus mengenai kebakaran rumah akibat arus listrik yang bermasalah, tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi dirumah Anda. Nah, dengan penggunaan listrik pintar akan memudahkan Anda memantau secara langsung ketika arus ataupun kabel mengalami masalah jadi lebih cepat tertangani.

 

Setelah membaca beberapa keunggulan diatas tentu Anda semakin sadar dan semakin dapat membedakan seperti apa penggunaan listrik pintar atau prabayar dengan pascabayar. Untuk pengisian token listrik pintar sendiri tidak perlu repot-repot. Saat ini sudah ada banyak sekali tempat yang menyediakan baik itu online ataupun offline. Anda bisa memanfaatkan secara maksimal untuk kehidupan yang lebih aman, nyaman dan praktis.

 

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield