Telkomsel Punya 3 Teknologi untuk Maksimalkan Jaringan 4g Nya

Telkomsel Punya 3 Teknologi untuk Maksimalkan Jaringan 4g Nya

Dunia maya atau internet sudah menjadi rumah kedua bagi masyarakat saat ini. Bahkan jika dilihat sendiri intensitas atau tingkat akses mereka ke dunia maya ini terbilang cukup tinggi. Mulai dari pagi sampai dengan malam tidak akan bisa dipisahkan dari yang namanya smartphone. Dukungan penuh nyatanya juga diberikan oleh berbagai perusahaan penunjang telekomunikasi ini, seperti dari Telkomsel sebagai salah satu provider jaringan terbesar dan juga paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Dimana mereka berusaha untuk terus menerus mengoptimalkan layanan yang ditawarkan.

Sebagian besar diantara masyarakat Indonesia memang pada dasarnya memilih memakai provider yang satu ini, sebenarnya bukan tanpa alasan. Melainkan Telkomsel sudah ada sejak dulu dan pelayanan yang diberikan juga lebih baik dibandingkan provider yang lain, akses jaringan lancar merata dari kota besar hingga ke pelosok desa. Jika berbicara mengenai tarif yang ditawarkan sendiri juga masih dalam kategori murah, sehingga semua orang bisa menggunakannya.

Untuk akses internet Telkomsel sendiri juga sudah jaringan 4G LTE. Dimana untuk sekarang ini tidak bisa dipungkiri jika seandainya jaringan 4G LTE masih jadi yang tercepat saat ini. Belakangan juga provider tersebut terus menerus memperluas cakupan layanan dari jaringan 4G LTE. Kabarnya bahkan Telkomsel sudah mulai menyiapkan 3 teknologi seluler untuk mendukung optimalisasi layanan 4G LTE tersebut, diantaranya adalah:

  1. LTE 4,9G, teknologi yang satu ini kabarnya memang sudah mulai digarap sejak tahun yang lalu dan dicanangkan nantinya kecepatan yang diberikan hampir sama dengan teknologi 5G yang akan datang. Memang di negara-negara maju sendiri sebenarnya teknologi 5G sendiri masih dibangun, begitu juga telkomsel yang sudah ikut serta dalam mempersiapkan hingga akses layanan 4,9G ini. Jenis layanan dari LTE sendiri sebenarnya terbagi atas 3 generasi, yaitu seri pertama yaitu 4G LTE, kemudian ada 4G Advance atau yang lebih dikenal sebagai 4,5G, sedangkan satu lagi adalah Advanced Pro atau yang lebih dikenal sebagai 4,9G. Jadi dengan peningkatan ini layanan internet yang ditawarkan kian lama juga kian cepat.
  2. LTE TDD Massive MIMO, teknologi yang satu ini sudah mengandalkan kanal frekuensi hingga 2.300 MHz. Pada kanal yang satu ini spektrum yang ditawarkan adalah selebar 30 MHz. Lalu apa kelebihannya? Ia menawarkan berbagai macam kelebihan, salah satu diantaranya adalah dapat menampung kapasitas pengguna lebih banyak dari sebelumnya, tanpa harus takut ketika traffic penggunaan meningkat maka nantinya kecepatan akses internet juga akan turun, karena nyatanya akan tetap lancar. Bahkan hal ini sudah diuji coba oleh Telkomsel di beberapa ajang Internasional yang ada di Indonesia dan hasilnya cukup baik.
  3. LTE LAA, layanan lainnya adalah teknologi LTE LAA, teknologinya sudah menyerupai carrier aggregation atau yang dikenal sebagai CA, dimana ini digunakan untuk penggabungan kanal. Untuk jenis kanal yang digabungkan adalah LTE lisenced dan juga Wifi 5 GHz. Teknologi tersebut telah diuji pada September tahun lalu dan menghasilkan kecepatan internet hingga lebih dari 800 Mbps, namun perizinannya masih dalam proses.

Semakin banyak keunggulan yang ditawarkannya untuk masyarakat. Sehingga tak heran jika konsumen masih tetap setia dengan provider yang satu ini meskipun sudah mulai banyak bermunculan provider-provider lain yang tawarkan akses internet dengan tarif yang jauh lebih murah dari Telkomsel.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield