Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

syarat dan cara daftar bpjs kesehatan online

Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Sejak tahun 2014 pemerintah telah memperlakukan Jaminan Kesehatan Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan JKN. Hal ini tentu saja membuat banyak masyarakat mulai berbondong-bondong melakukan pendaftaran untuk mendapatkan layanan ataupun fasilitas dari pemerintah tersebut. Antrian sudah menjadi hal wajar ketika pendaftaran yang dimulai dengan antusias masyarakat yang sama, apalagi itu merupakan pertama kalinya diperkenalkan. Karena antrian itulah akhirnya banyak masyarakat untuk memutuskan tidak melakukan pendaftaran segera karena waktu dan tenaga akan tersita banyak saat pendaftaran dilakukan.

 

Masalah yang dihadapi oleh masyarakat seperti diterangkan diatas dilihat secara langsung oleh pemerintah. Lantas hal itulah yang memunculkan pemikiran mengenai solusi yang seperti apa yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Munculnya pendaftaran BPJS melalui sistem online yang lebih mudah dan tentunya masyarakat tidak perlu datang ke kantor ataupun antri karena menggunakan sistem online. Hal ini tentu menjadi solusi yang sangat bermanfaat sekali dan memberikan dampak yang luar biasa untuk masyarakat. Bagi mereka yang kesulitan mendaftar sudah tidak dirasakan lagi, karena hanya duduk dirumah melalui online sudah dapat langsung terdaftar.

 

Syarat Daftar BPJS Kesehatan

 

Meskipun munculnya sistem online untuk melakukan pendaftaran BPJS sudah tergolong lama, tetapi sampai dengan saat ini masih banyak sekali masyarakat yang belum paham. Tahapan seperti apa saja yang diperlukan mereka tidak mengetahui. Entah karena memang pemerintah yang kurang sosialisasi atau karena memang masyarakat yang terlalu apatis akan informasi baru dari pemerintah. Terlepas dari hal tersebut, Anda perlu mengetahui seperti apa saja syarat yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran BPJS online yaitu:

 

  1. Pertama kalinya Anda perlu menyiapkan kartu identitas diri seperti KTP.
  2. Lalu diperlukan pula adanya kartu keluarga atau KK.
  3. Perlu menyiapkan kartu NPWP sebagai wajib pajak.
  4. Lalu ada email atau nomor telephone yang dapat digunakan untuk informasi.
  5. Adanya nomor rekening untuk mereka yang melakukan penanggungan pembayaran selama kartu tersebut digunakan.

 

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

 

Setelah persyaratan yang telah dituliskan diatas sudah Anda siapkan dengan baik, entah asli ataupun fotocopy. Saatnya Anda untuk segera melakukan pendaftaran dengan beberapa langkah mudah seperti berikut ini:

 

  1. Bukan saja dokumen tetapi Anda perlu menyediakan laptop, tablet ataupun smartphone yang akan digunakan untuk masuk website.
  2. Setelah itu koneksikan dengan internet dan buka alamat resmi dari BPJS yang bersangkutan, ini hanya tersedia satu website.
  3. Dilanjutkan dengan cara mencari menu pendaftaran online e-regristasion yang umumnya berada di pojok kiri atas. Klik untuk bisa masuk dan melakukan langkah pendaftaran selanjutnya.
  4. Muncullah halaman dimana Anda perlu memasukkan persyaratan ataupun data diri yang telah disediakan tersebut. Jika semuanya lengkap langsung klik pada tombol pendaftaran, namun sebelumnya perlu dicek ulang terlebih dahulu.
  5. Di lanjut dengan form yang lebih lengkap dengan urutan data diri Anda, tidak ketinggalan pula diperlukan adanya kontak dan kantor BPJS yang paling dekat dengan kota Anda untuk melakukan pengambilan kartu.

 

Baca disini : Bayar BPJS Kesehatan Online 

 

Itulah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan kartu BPJS sesuai dengan anjuran pemerintah sebagai jaminan. Selain syarat dan langkah pendaftaran yang perlu Anda ketahui, penting juga untuk mengetahui kelas-kelas apa saja yang dapat digunakan. Hal ini akan menentukan pelayanan dan fasilitas seperti apa saja yang akan Anda dapatkan saat kartu tersebut digunakan, begitu juga sebagai penentu berapa jumlah iuran yang ditanggungkan setiap bulannya.

 

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield