Solusi Lupa Nomor BPJS

solusi lupa nomor bpjs kesehatan

Solusi Lupa Nomor BPJS

Mempunyai kartu BPJS untuk sekarang ini sudah menjadi salah satu hal wajib bagi setiap warga Indonesia. Seperti yang diketahui, bahwa semenjak dikenalkan oleh pemerintah masyarakat seharusnya paham akan manfaat dari keberadaan kartu tersebut. Apalagi untuk mereka dengan tingkat ekonomi yang berada dibawah, ini dapat digunakan sebagai jaminan jika suatu saat mengalami masalah kesehatan dan harus dilakukan perawatan biaya mahal. Nah, itu pula yang dijadikan alasan pemerintah untuk memberikan perintah secara langsung oleh masyarakat untuk memiliki segera kartu tersebut.

 

Sejak tahun 2014 memang sudah terlihat banyak masyarakat yang berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk memiliki kartu BPJS dari pemerintah. Bahkan sampai dengan saat ini masih terlihat sama, yang menjadi pembeda hanya sistemnya. Seperti yang diketahui bahwa teknologi sekarang ini banyak mengalami perubahan dan kemajuan. Hal itu pula yang digunakan oleh pemerintah untuk memberikan kemudahan dan keleluasaan masyarakat saat menggunakan kartu BPJS. Sistem online yang diluncurkan bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pelayanan mudah dan cepat.

 

Bukan hanya dijadikan sebagai sarana untuk mendaftarkan diri, tetapi dengan adanya situs BPJS online Anda bisa mendapatkan layanan lainnya. Ketika saat seseorang mengalami kelupaan akan nomor kartunya. Hal ini bisa saja terjadi ketika kartu yang digunakan hilang dan nomor tidak diingat sama sekali. Namun berkat adanya fasilitas online, Anda tidak perlu takut karena tetap bisa diatas dengan beberapa langkah berikut ini:

 

  1. Pertama kalinya Anda bisa menggunakan kartu BPJS yang dimiliki oleh salah satu keluarga yang masih ada. Hal ini tentu diperlukan saat akan melakukan pembayaran iuran setiap bulan, karena untuk satu keluarga bisa dilakukan pembayaran secara kolektif.
  2. Setelah itu barulah Anda membuka halaman pada cek pembayaran tagihan BPJS yang tersedia jelas pada situs tersebut. Akan muncul setelan atau halaman yang mengharuskan Anda untuk mengisi beberapa data.
  3. Data yang diperlukan dalam proses ini tentu saja ada beberapa seperti perlunya no kartu BPJS, ini bisa Anda isi dengan nomor salah satu anggota keluarga yang masih ada. Lalu ada pula tanggal lahir yang sudah tertera pada kartu peserta keluarga Anda dan terakhir angka validasi yang sesuai dengan gambar.
  4. Jika semua data yang diperlukan pada saat pengecekan sudah terisi semua saatnya untuk menekan tombol cek, tunggu sampai dengan sistem selesai melakukan pengecekan data yang telah Anda masukkan tersebut.
  5. Bila memang data-data yang Anda masukkan tersebut benar secara otomatis akan mengeluarkan beberapa tampilan informasi yang berisikan data peserta seperti nama peserta, nomor peserta, status kepesertaan, jenis peserta dan jumlah anggota keluarga yang menjadi peserta. Tidak ketinggalan pula informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan sampai dengan tanggal pembayaran terakhir. Hal itu bisa Anda lihat secara jelas pada satu halaman penuh dan jelas sesuai apa yang Anda inginkan.

 

Setelah langkah-langkah diatas Anda lakukan secara otomatis Anda akan menemukan nomor kepesertaan BPJS yang kelupaan. Dengan begitu Anda bisa melihat dan langsung lakukan pencatatan untuk diingat seterusnya. Bagaimana mudah bukan untuk mengetahui nomor peserta yang lupa ataupun hilang. Jadi bagi Anda yang mengalami masalah seperti tersebut tidak perlu untuk dikhawatirkan karena sudah ada solusinya. Demikian tentang cara mudah mengetahui nomor kartu dari BPJS kesehatan milik Anda yang hilang atau lupa. Semoga isi artikel diatas bisa memberikan manfaat dan membantu Anda ketika kehilangan kartu BPJS.

 

 

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield