Ragam Solusi Bagi Orang Tua Saat Anak Belajar di Rumah Bikin Boros Kuota Internet

Ragam Solusi Bagi Orang Tua Saat Anak Belajar di Rumah Bikin Boros Kuota Internet

Pandemi Covid-19 memaksa banyak hal mengalami penundaan, pembatalan, dan juga mempunyai sistem baru yang digunakan oleh semua bidang. Untuk mencegah penularan virus corona yang sangat mudah terjadi dari satu orang ke orang lainnya, sekarang ini masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak dan juga tidak melakukan kontak fisik. Hal lainnya yang sangat disarankan adalah dapat untuk tinggal di rumah dan mengurangi bepergian ke tempat umum apabila tidak dibutuhkan. Hal tersebut membuat banyak kantor yang tutup dan pekerjanya bekerja dari rumah. Selain itu untuk siswa sekolah juga banyak yang belajar online dari online.

Di bidang pendidikan sendiri ada banyak perubahan yang terjadi yang dialami oleh siswa, mahasiswa, ataupun pengajar sendiri. Seperti misalnya kegiatan belajar yang dilakukan secara online, wisuda juga selama pandemi dilakukan secara online, sidang skripsi secara online, dan juga hal lainnya yang menggunakan sistem online. Bagi orangtua sendiri, sistem online ini mengalami masalah yang banyak dikeluhkan yaitu mengenai banyaknya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pembelajar secara online. Karena sistem belajar online dari rumah, hal tersebut membuat banyak orangtua yang mengeluhkan banyaknya kuota yang dibutuhkan untuk dapat mencukupi kebutuhan tersebut. Keluhan tersebut juga didengar oleh pihak pemerintah, dimana pihak Kemendikbud menyarankan beberapa solusi yang dapat digunakan untuk dapat menjadi alternatif permasalahan boros kuota selama pandemi corona tersebut seperti berikut ini:

  1. Siswa belajar dari buku atau modul

Tips pertama yang dapat digunakan untuk menghemat kuota yang dikeluarkan untuk belajar dari rumah adalah dengan tetap belajar dari buku dan modul. Sehingga siswa tidak perlu untuk melakukan video konferensi dan menghadiri kelas yang akan menghabiskan kuota internet apabila dilakukan setiap hari. Hal tersebut juga kurang efektif karena masalah jaringan yang kadang tidak stabil sehingga tidak semua siswa dapat untuk mengikuti pelajar online ini dengan baik. Oleh karena itulah salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan tetap memberikan buku dan modul untuk menjadi bahan ajaran siswa sehari-hari.

2. Belajar melalui media digital

Solusi selanjutnya yang dapat diberikan adalah dapat untuk belajar melalui media digital seperti dari televisi dan juga radio. Siswa akan menghabiskan banyak waktu di dalam rumah, sehingga hal tersebut juga membuatnya dapat untuk mengikuti berbagai berita secara digital. Oleh karena itulah BDR atau belajar dari rumah yang dilakukan oleh siswa juga dapat dilakukan lewat media digital seperti televisi dan radio yang lebih hemat.

3. Memberikan tugas

Solusi lainnya adalah guru dapat memberikan tugas pada siswa untuk dikerjakan. Hal ini merupakan salah satu cara agar siswa tetap dapat belajar dengan efektif di rumah. Memberikan tugas ini juga tetap membuat siswa dapat mengikuti materi yang seharusnya diajarkan dan bisa untuk diperiksa ketika kelas online ataupun juga dapat untuk diperiksa secara online lewat email dan aplikasi online lainnya.

4. Berkunjung ke rumah siswa

Solusi terakhir adalah siswa dapat untuk tetap belajar secara tatap mata langsung dengan guru. Dimana hal ini dapat dilakukan apabila guru atau pengajar tinggal di sekitar rumah siswa dan juga dapat tetap mempunyai aturan dengan mempunyai kelas terbatas yaitu yang hanya terdiri maksimal dengan lima siswa. Cara ini bisa tetap mendukung agar siswa tetap mendapatkan pengajar yang dibutuhkan tetapi tetap aman dari penularan covid-19.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield