Penyebab Google Hapus Aplikasi Benchmark dari AnTuTu

Penyebab Google Hapus Aplikasi Benchmark dari AnTuTu

Pastinya banyak diantara Anda yang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi AnTuTu bukan, belakangan aplikasi yang satu ini memang sangat populer karena dapat digunakan sebagai pembanding yang sangat populer, dimana memang nantinya Anda bisa secara mudah melihat performa perangkat smartphone yang mereka gunakan. Hanya saja ternyata belakangan ini 3 aplikasi benchmark dari AnTuTu sudah tidak lagi bisa di download lewat Google Play Store.

Sehingga bagi Anda yang ingin mendownload dan juga menggunakan aplikasi yang satu ini maka sudah tidak bisa lagi, karena Play Store memang sudah tidak lagi menyediakannya. Ketiga aplikasi yang dimaksud tersebut adalah AnTuTu 3Dbench, AnTuTu Benchmark dan juga AlTuTu Benchmark. Bahkan jika dilihat pembaharuan terakhirnya baru dilakukan pada tanggal 13 Februari lalu namun sudah tidak ada lagi. Tidak diketahui secara jelas kapan sekiranya aplikasi tersebut mulai hilang dari Play Store.

Hal ini dikarenakan memang Google sengaja menghapus aplikasi yang satu ini dari toko aplikasi mereka. Aplikasi yang satu ini merupakan produk yang dikeluarkan oleh Cheetah Mobile, ia merupakan salah satu pengembang aplikasi Android yang ternyata memiliki reputasi kurang baik, karena tidak jujur dan cenderung destruktif. Developer yang satu ini diketahui sering kali membeli aplikasi-aplikasi sukses kemudian mengubah aplikasi tersebut menjadi mesin pengumpul data dari pengguna. Juga memaksa penggunanya sendiri untuk memakai fiture in-app purchase untuk bisa mengakses aplikasi yang dimaksudkan.

Dengan kebijakan yang mereka tersebut tidak heran jika seandainya perusahaan pengembang ini juga kerap kali berselisih dengan kebijakan yang sudah ditetapkan dalam Play Store tersebut, bahkan lebih dari sekali. Hanya saja mereka mampu menemukan jalan untuk kembali menuju platform tersebut. Meskipun demikian, nampaknya Google sendiri juga sudah mulai bosan dengan perusahaan tersebut karena masih kerap menyalahi aturan yang telah diberikan. Sehingga kemudian mereka memutuskan untuk melarang seluruh produk aplikasi keluaran dari Cheetah Mobile tersebut untuk ada di Play Store mereka.

Hanya saja ternyata pihak dari AnTuTu ini membantah jika seandainya aplikasi mereka dicabut juga berhubungan dengan masalah berkaitan dengan perusahaan Cheetah Mobile tersebut. Karena CM sendiri disini dikatakan hanya sebagai salah satu investor dari AnTuTu. Karena operasi bisnis dari AnTuTu tersebut dianggap tetap independen, tidak ada campur tangan sama sekali dengan pihak dari Cheetah Mobile. Bahkan disini CEO dari CM ini sendiri tidak ikut campur sama sekali dengan operasi bisnis dari AnTuTu, dalam artian ia hanya bertanggung jawab sebagai salah satu petinggi aplikasi ini saja.

Sehingga dengan hal ini maka AnTuTu sendiri juga masih berharap jika aplikasi mereka yang sudah dihilangkan oleh pihak Play Store nantinya dapat dikembalikan lagi dan meluruskan kesalahpahaman yang terjadi. Hanya saja meskipun dari Play Store sendiri memang sudah tidak tersedia aplikasi AnTuTu ini, maka pengguna juga tidak perlu khawatir, mengingat nantinya Anda dapat tetap mengunduh atau menggunakan aplikasi yang satu ini dengan format file APK dari situs resminya secara langsung. Sehingga Anda nantinya masih bisa mengandalkan aplikasi yang satu ini untuk kebutuhan membanding-bandingkan kembali, jadi tidak perlu khawatir. Hanya saja waspadai, mengingat mengunduh dari luar Play Store atau toko resmi juga banyak sekali potensi untuk terkena virus, jadi hendaknya Anda tetap harus berhati-hati dalam mengunduh aplikasi ini.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield