Pakai PDAM? Lakukan Hal Ini untuk Menghemat Tagihan!

cara menghemat tagihan air pdam

Pakai PDAM? Lakukan Hal Ini untuk Menghemat Tagihan!

Air merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam rutinitas keseharian dalam kehidupan setiap orang. Mulai dari mandi pagi menggunakan air. Tubuh juga memerlukan asupan air. Peralatan rumah. Membersihkan kendaraan. Buang air besar maupun kecil. Semuanya tidak akan pernah terlepas dari yang satu ini. Manusia bisa menahan makan dalam waktu yang lama, tetapi tidak dengan air. Begitu juga makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan juga tumbuhan sangat membutuhkannya.

Perusahaan Daerah Air Minum ini ada di setiap wilayah Indonesia. Namun yang menjadi permasalahannya, pembengkakan terjadi pada tagihannya. Biasanya itu terjadi dari suatu kondisi yang tidak disadari. Hal tersebut tidak terlepas dari kelalaian yang dilakukan oleh Anda tanpa sengaja. Sering membiarkan air mengalir, meski tempat penampungannya sudah penuh. Hal itu hanya satu di antara banyak penyebabnya.

Berikut ini secara lebih terperinci lagi, mengapa bisa tagihan Anda bisa mahal. Simak tips agar bisa menghemat pengeluaran Anda:

  • Gunakan Air PDAM Sesuai Kebutuhan

Memang susah jika sudah menjadi kebiasaan menggunakan air secara berlebihan. Penggunaannya terus mengalir seharian, tanpa Anda matikan. Tindakan tersebut tercatat di meteran air. Saat membayar tagihan jangan kaget ketika Anda harus melunasinya dengan tarif yang tidak normal.

  • Kontrol Alat Meteran Air Pdam

Anda bisa mengontrol air dari meteran yang terpasang di rumah. Lihat seberapa besar kubik air yang digunakan. Semakin besar, maka akan semakin tinggi angka pembayaran yang harus Anda keluarkan.

  • Menggunakan Keran yang Bisa Menghemat Air

Ada beberapa keran yang bisa membuat air jadi boros penggunaannya. Air terus mengalir meski sudah di padam. Ganti segera dan pilih yang memang kuat menahan air agar tidak bisa keluar dengan sendirinya. Segera beli yang baru jika keran Anda sudah terlihat rapuh dan sudah lama digunakan. Jangan gunakan keran yang sebagian fungsinya sudah rusak, itu bisa memicu keluarnya air secara otomatis.

  • Cek Pipa Air Secara Berkala

Pipa saluran air juga dapat menjadi permasalahan kenapa tagihan Anda tidak turun-turun. Periksa bagian-bagian dari pipa itu untuk memastikan tidak ada yang bocor, sehingga tidak ada air yang keluar.

  • Laporkan Jika Tagihan Air Pdam Tidak Wajar

Saat Anda merasa tidak menggunakan air PDAM dengan boros, apalagi tagihannya begitu besar. Coba cek kembali kepada petugasnya. Biasanya kesalahan seperti rekening yang tertukar seringkali terjadi. Anda jadi membayar tagihan orang. Hal itu juga dapat merugikan Anda.

Menghemat tagihan dapat dilakukan dengan mengubah kebiasaan Anda dan keluarga untuk tidak menggunakan air dengan boros. Membiarkannya mengalir secara terus menerus, akan membuat tagihannya terus membengkak. Ingatkan setiap anggota keluarga agar tidak menggunakannya secara berlebihan. Apalagi saat mandi, mencuci baju, mencuci bahan makanan, dan mencuci kendaraan, menyiram tanaman. Hal itu bukan semata untuk mengurangi pembayaran air. Tindakan itu juga sebagai langkah untuk membuat orang dapat mendapatkan pasokan air secara memadai.

Saat musim kemarau terjadi tentunya air PDAM juga akan mengalami kekeringan di beberapa wilayah. Saat Anda memutuskan untuk menghentikan kebiasaan yang tidak baik itu. Air dapat mengalir dengan baik. sayangnya, tidak semua orang dapat mengerti itu. Apalagi orang-orang yang berduit, tidak akan perduli dengan kondisi tersebut. Sebab tidak ada pengaruh untuknya, Namun, janganlah melihat dari sisi kemampuan finansial diri, tetapi mengertilah dari sisi kebutuhan. Banyak orang yang juga memerlukan air untuk menjalankan aktifitas dengan normal, bukan Anda sendiri.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield