OS Harmony Pengganti Android Diprediksi Salip Linux Tahun Ini

OS Harmony Pengganti Android Diprediksi Salip Linux Tahun Ini

Bagi Anda pengguna smartphone, operating system android pasti bukan hal baru lagi. OS inilah yang digunakan di banyak jenis smartphone sebagai antar muka dengan pemiliknya. Android dapat digunakan di banyak merk smartphone sehingga lebih sukses jika dibandingkan dengan OS lainnya yaitu iOS. Namun android juga harus bersiap karena sebentar lagi akan ada OS baru bernama Harmony yang bisa juga digunakan untuk antar smartphone dan platform. Uniknya lagi, Harmony merupakan OS open source yang mirip dengan Linux sehingga lebih fleksibel.

Harmony sebenarnya diciptakan tidak ditujukan untuk penggunaan smartphone secara khusus karena OS ini bisa dipakai di banyak platform. Saat ini penggunaan Harmony lebih ditujukan untuk tv pintar, jam pintar, alat kesehatan dan gadget lainnya. Namun tak menutup kemungkinan Harmony dipakai untuk smartphone serta alat komunikasi karena bersifat lebih fleksibel sehingga dapat disesuaikan. Sifatnya ini mirip dengan OS Linux yang juga open source namun diklaim lebih aman.

Harmony diproduksi oleh Huawei yang juga merupakan produsen smartphone dengan OS android. Sebentar lagi Anda akan mendapati smartphone atau tablet Huawei dengan OS Harmony untuk di ujicobakan di pasaran. Namun jangan khawatir, karena OS Harmony ini bisa disinkronisasi dengan smartphone android sehingga penggunaannya bersama dengan OS lain tetap mudah dan cepat. Sama seperti android yang juga memiliki pasar aplikasi, Harmony nantinya juga akan memiliki banyak aplikasi yang sesuai karena Huawei telah menggelar program insentif untuk developer yang dapat membuat aplikasi di OS Harmony ini. Sedangkan bagi developer yang dapat memasarkan aplikasinya di Harmony App Gallery, akan mendapatkan share sebesar 85% yang lebih banyak dibandingkan share dari OS lainnya.

Meski begitu, Huawei sendiri belum mengkonfirmasi penggunaan Harmony untuk smartphone. Mereka sekarang lebih fokus menggunakan Harmony untuk menyaingi Linux pada gadget smartwatch, tv pintar, alat kesehatan dan gadget lainnya. Hingga sekarang, Linux masih berada di posisi 5 Operating System terbanyak yang digunakan di dunia tetapi nampaknya Harmony memiliki target untuk menggesernya di tahun ini. Huawei sendiri masih akan menggunakan android untuk smartphone sampai Harmony betul-betul dibutuhkan untuk menggantikannya.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana kerja operating sistem baru ini, berikut adalah 4 perbedaan dari OS Harmony dengan Android:

  1. Basis OS.

Harmony tidak berbasis kernel Linux seperti pada Android. Harmony menggunakan basis microkernel baru yang ukurannya lebih kecil dibandingkan kernel Linux pada Android.

2. Konsep OS.

Diklaim Huawei, Harmony menggunakan konsep OS terdistribusi untuk mencapai performa yang maksimal. Beberapa masalah yang ditemukan pada android seperti scheduling dan lainnya diklaim dapat ditangani dengan baik menggunakan konsep OS terdistribusi dari Harmony ini.

3. Tidak memiliki Root.

Harmony tidak memiliki akses root untuk menjaga keamanannya. Harmony menggunakan metode verifikasi untuk lebih menjaga microkernelnya.

Penasaran dengan sistem operasi baru ini? Jika Anda ingin mencobanya, dapat membeli gadget dari Huawei terbaru yang akan diproduksi tahun ini seperti tv pintar atau smartwatch. Dengan adanya Harmony, sistem operasi memiliki pilihan baru yang patut dicoba dan menantang karena diklaim memiliki sistem keamanan yang lebih baik. Seperti diketahui bahwa Android akhir-akhir ini terasa mudah dibobol identitasnya sehingga merugikan pengguna. Diharapkan dengan semakin banyak OS baru lahir, kualitas keamanan akan semakin baik untuk melindungi data-data pengguna.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield