New Normal Ubah Gaya Layanan Operator Seluler ke Pelanggan

New Normal Ubah Gaya Layanan Operator Seluler ke Pelanggan

Setidaknya sudah lebih dari 3 bulan virus Corona mewabah di Indonesia, banyak juga upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus tersebut. Termasuk diantaranya adalah dengan penerapan social distancing, kemudian juga ada juga kebijakan lain terkait dengan work from home atau bekerja dari rumah, hingga sekolah secara daring atau online. Namun hal ini tentunya tidak bisa terus menerus dilakukan, mengingat selama 3 bukan terakhir ini nyatanya banyak bidang bisnis yang terdampak dan bangkrut, meningkatkan angka pengangguran juga di Indonesia.

Sehingga tidak heran jika seandainya mulai awal Juni ini pemerintah sudah siap melakukan sistem New Normal, upaya yang juga dilakukan untuk mengembalikan kondisi ekonomi negara yang sudah mulai terguncang diakibatkan oleh serangan Covid 19. Termasuk diantaranya para operator seluler juga mulai mengubah strategi mereka di dalam pemasaran dan pemberian layanan kepada masyarakat. Apalagi memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya para operator seluler juga turut mendapatkan keuntungan dengan adanya virus Corona ini, mengingat setiap kegiatan yang dilakukan secara online pastinya membutuhkan layanan internet yang kuat, jadi pembelian juga semakin meningkat.

Menghadapi New Normal yang mulai diterapkan beberapa waktu belakangan ini nyatanya para operator seluler juga sudah mulai melakukan persiapan, diantaranya adalah dengan menyiapkan protokol kesehatan terbaru untuk melayani pelanggan mereka. Beberapa langkah yang mereka ambil dalam kondisi semacam ini diantaranya adalah jaminan layanan, kemudian juga ada jaminan kesiapan jaringan, jaminan ketersediaan produk, jaminan pusat pelayanan pelanggan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja karyawan (K3) Telkomsel hingga tanggung jawab sosial perusahaan.

Telkomsel sebagai salah satu operator seluler dengan jumlah pelanggan terbanyak yang ada di Indonesia mulai menerapkan protokol kesehatan terbaru sebagai upaya untuk melayani pelanggan mereka. Seperti diantaranya adalah yang ada di GraPARI, kegiatan pelayanan pelanggan tetap dilakukan seperti sedia kala sesuai dengan ketentuan jam operasional dari setiap wilayahnya. Hanya saja memang untuk tata cara dan prosedur operasionalnya memang agak berbeda dengan sebelum adanya wabah Covid 19.

Telkomsel benar-benar menerapkan prosedur standar kesehatan yang dibutuhkan, untuk memeriksa kondisi kesehatan pelanggan yang datang seperti dengan pengecekan suhu tubuh. Jadi nantinya suhu tubuh yang normal diizinkan untuk masuk. Namun yang suhu badannya tinggi tidak diperkenankan untuk masuk. Mereka juga menyediakan berbagai macam sarana penunjang kesehatan seperti diantaranya adalah hand sanitizer, kemudian juga sabun cair sampai dengan masker bagi pelanggan yang memang membutuhkan. Layanan secara virtual juga tetap beroperasi, yaitu nantinya Anda bisa melakukan panggilan call center lewat nomor 188, dengan adanya layanan virtual ini memungkinkan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan pelayanan online tanpa datang langsung ke GraPari, bisa lewat aplikasi MyTelkomsel, website, email sampai dengan akun media sosial yang lainnya.

Begitu juga dengan operator seluler yang lainnya seperti diantaranya adalah XL Axiata yang mengurangi jam layanan dan juga pembatasan jenis layanan kepada konsumen mereka. Mereka menerapkan protokol pencegahan Covid 19 seperti dengan membatasi jumlah pelanggan yang masuk ke XL Center. Disana juga disediakan tempat cuci tangan, pengukuran suhu tubuh dan juga wajib memakai masker, khususnya adalah bagi karyawan dan juga pelanggan yang masuk kesana.. Indosat Ooredoo juga terlihat masih membuka beberapa gerai mereka untuk melayani pelanggan secara bertatap muka langsung, namun tetap dengan menerapkan protokol Covid 19.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield