Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Makanan yang Bersih dan Higienis

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Makanan yang Bersih dan Higienis

Kesehatan merupakan hal yang paling mahal di dunia ini dibandingkan dengan yang lainnya, karena jika sudah terserang penyakit, maka akan membuat Anda kesulitan di dalam menjalankan rutinitas harian, ditambah lagi besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat. Namun tetap harus mendapatkan pengobatan yang layak sehingga nantinya bisa sembuh dari masalah kesehatan yang diderita tersebut. Sebenarnya untuk bisa mendapatkan tubuh yang selalu sehat bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, karena Anda bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana. Seperti rutin dalam melakukan olahraga, juga membiasakan diri untuk menjaga kebersihan.

Paling penting adalah menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi, mengingat bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya asupan nutrisi yang bersih dan juga bagus masuk kedalam tubuh, maka akan memberikan manfaat yang baik pula bagi kesehatan. Sebaliknya jika seandainya makanan yang biasa Anda konsumsi sehari-hari kurang bersih, tentunya beresiko tinggi untuk memicu beragam jenis penyakit, mulai dari pencernaan, hingga infeksi yang lebih serius.

lalu bagaimana caranya untuk menjaga kebersihan makanan agar selalu higienis sehingga aman dikonsumsi. Berikut ini upaya-upaya yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  1. Biasakan untuk mencuci tangan dengan memakai sabun, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya tangan adalah rantai persebaran penyakit, itulah mengapa setiap orang harus dibiasakan mencuci tangan mereka secara benar menggunakan sabun, sehingga jika seandainya ingin makan sesuatu tidak akan membuat bakteri ataupun virus yang menempel di tangan tersebut nantinya akan ikut masuk kedalam tubuh. Tak hanya mencuci tangan sebelum makan, kebiasaan mencuci tangan ini hendaknya rutin juga dilakukan sebelum dan setelah melakukan sesuatu untuk mencegah penyakit.
  2. Cuci buah dan sayuran yang akan dikonsumsi, mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran segar memang banyak sekali manfaatnya. Namun karena penampakan yang ada di permukaannya terlihat bersih, banyak orang yang langsung memakannya begitu saja, padahal belum tentu ia benar-benar bersih. Sehingga harus dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kemungkinan keberadaan kuman yang menempel.
  3. Pisahkan jenis bahan makanan yang mudah tercemar bakteri maupun virus, sebut saja diantaranya adalah ikan dan juga daging, untuk itulah ketika akan memotong bahan makanan tersebut, maka jangan menggunakan pisau yang sama dengan yang nantinya dipakai untuk memotong buah dan juga sayuran. Karena hal ini akan menyebabkan kontaminasi bakteri.
  4. Memasak makanan dengan suhu dan tepat dan memastikannya agar makan, proses memasak makanan yang salah ternyata juga beresiko tinggi untuk membuat bahan makanan tersebut nantinya menyebabkan masalah kesehatan, karena memang masih mengandung bakteri dan juga kuman penyebab penyakit. Sehingga harus dimasak dengan benar dan matang.
  5. Simpanlah bahan makanan dan juga sisa makanan kedalam kulkas, dengan tujuan karena kondisi suhunya terjaga, maka akan membuat makanan tersebut tahan lebih lama dan tidak tercemar oleh bakteri maupun virus.
  6. Jika kondisi makanan sudah basi atau tidak layak konsumsi, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk membuangnya, jangan memaksakan diri untuk tetap memakan makanan sisa tersebut karena hanya akan memicu penyakit.

Mudah bukan, mulailah untuk menerapkannya sekarang juga, sehingga tubuh akan selalu sehat. Konsumsi makanan yang bernutrisi dan juga sehat sangat mempengaruhi kinerja dari organ-organ dalam tubuh. Jadi benar-benar harus diperhatikan proses memasaknya dan juga kebersihannya, sebelum nantinya Anda konsumsi.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield