Mengenal Lebih Dekat dengan Gerbang Pembayaran Nasional

Mengenal Lebih Dekat dengan Gerbang Pembayaran Nasional

Mengenal Lebih Dekat dengan Gerbang Pembayaran Nasional

Belakangan ini jika dilihat memang sudah semakin banyak diantara masyarakat yang tidak lagi melakukan transaksi secara tunai, melainkan sudah mengandalkan sistem transaksi non tunai, apalagi mereka juga mendapatkan banyak sekali manfaat dengan keberadaan sistem transaksi semacam ini, diantaranya adalah jauh lebih aman dan juga praktis. Hanya dengan mengandalkan sebuah kartu atau bahkan sekedar menggunakan aplikasi yang terpasang di dalam smartphone maka sudah bisa dipakai membayar berbagai macam kebutuhan Anda.

Bagi pemerintah sendiri sebenarnya dengan keberadaan transaksi nontunai ini juga memberikan banyak sekali keuntungan, diantaranya adalah untuk mengurangi peredaran uang secara langsung, karena semuanya sudah mengandalkan sistem digital. Bahkan hal ini secara langsung juga memunculkan banyak sekali perusahaan-perusahaan emoney yang ada di Indonesia, lajunya semakin cepat apalagi ditambah juga dengan hadirnya berbagai macam startup baru yang bergerak di berbagai macam bidang, bisa menikmati layanannya secara lebih hemat jika seandainya mereka menggunakan dompet digital atau sudah top up saldo terlebih dahulu.

Itulah mengapa kemudian BI atau Bank Indonesia secara langsung juga mengeluarkan sebuah aturan baru terkait dengan Gerbang Pembayaran Nasional. Aturan yang satu ini diterbitkan sejak tahun 2017 lalu, dimana fungsinya tak lain adalah untuk menghapus batasan yang ada selama ini, bahwa untuk akses kebutuhan perbankan hanya dapat dilakukan melalui EDC atau ATM saja, melainkan sekarang juga bisa dilakukan dengan sistem digital ini.

Bahkan mulai tanggal 1 Januari 2022 nanti akan ada sebuah aturan baru, bahwa bank Indonesia akan mewajibkan setiap nasabahnya paling tidak untuk memiliki 1 kartu debit yang sudah berlogo GPN tersebut dari seluruh isi rekening yang ada. Sebenarnya GPN atau yang dikenal sebagai Gerbang Pembayaran Nasional ini sendiri merupakan sebuah sistem yang akan menghubungkan antara seluruh alat pembayaran yang dimiliki dengan mesin atau perangkat transaksi ke kanal pembayaran yang lainnya. Jadi tidak hanya dapat dilakukan secara manual saja, melainkan juga elektronik.

Sehingga nantinya nasabah bisa melakukan transaksi secara offline, baik itu pembayaran, tarik tunai hingga transfer uang tanpa dikenai dengan biaya tambahan di ATM ataupun EDM lewat manapun yang sudah memiliki logo GPN ini di seluruh Indonesia. Lalu keuntungan apa yang akan didapatkan oleh masyarakat? Berikut ini yang hendaknya Anda ketahui, yaitu:

  1. Pembayaran bisa dilakukan secara lebih praktis dan juga efisien, dengan adanya GPN ini sudah pasti nantinya masyarakat akan ikut merasakan mudahnya pembayaran maupun penarikan hingga transfer uang dengan mengandalkan sistem tersebut.
  2. Transaksi jadi lebih aman, karena tidak perlu lagi mengandalkan keberadaan uang secara langsung, bahkan kian lama peredaran uang secara manual mungkin akan semakin berkurang.
  3. Dengan menggunakan kartu GPN ini nantinya biaya administrasi yang harus dikeluarkan oleh masyarakat setiap bulannya juga akan semakin murah. Bahkan jika dilihat setiap transaksi yang dilakukan pada mesin yang bertanda GPN ini juga gratis, tidak dikenai dengan biaya tambahan.

Sehingga tidak perlu khawatir untuk ikut menggunakannya, apalagi akan ada banyak sekali layanan yang menyediakan fasilitas pembayaran atau apapun dengan mengandalkan kartu ini. Anda bisa melakukan pemesanan untuk pembuatannya mulai dari sekarang juga. Hanya saja tidak bisa dipungkiri jika seandainya pengguna masih akan didominasi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar, karena di daerah belum menawarkan layanan tersebut.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield