MediaTek Rilis Dimensity 720, Chipset 5G untuk Smartphone Kelas Menengah

MediaTek Rilis Dimensity 720, Chipset 5G untuk Smartphone Kelas Menengah

Teknologi yang berasal dari China Daratan memang sedang naik daun. Tidak hanya untuk produk elektronik seperti smartphone yang dikenal mempunyai teknologi terbaru dan juga banyak diminati oleh pasar karena mempunyai keuntungan dari harga lebih terjangkau, banyak perusahaan juga menawarkan banyak produk dan layanan lainnya. Termasuk juga MediaTek yang merupakan perusahaan asal Taiwan. Perusahaan ini menawarkan produk semikonduktor yang mempunyai fitur tinggi tetapi mempunyai harga terjangkau. Oleh karena harganya yang terjangkau tersebut, maka tentu saja membuat perangkat smartphone yang menggunakan chipset ini juga mempunyai harga lebih terjangkau.

Harga terjangkau memang fokus dari perusahaan yang mempunyai markas di Shanghai. MediaTek mempunyai fokus pengembangan pada chipset yang mempunyai harga terjangkau sehingga akan mempunyai harga chipset lebih murah dibandingkan dengan produk chipset lainnya. Akan tetapi karena mempunyai harga terjangkau, produk ini juga dikenal mempunyai beberapa kekurangan yang dipunyai. Seperti akan lebih cepat panas dan juga dikenal mempunyai kemampuan yang kurang mendukung dalam pengoperasian yang kencang. Akan tetapi karena mempunyai harga paling terjangkau, tidak heran apabila tetap banyak produsen yang menggunakan chipset yang satu ini pada produknya. Sehingga tidak heran apabila Anda dengan mudah menemukan banyak smartphone yang diedarkan di pasaran menggunakan chipset yang satu ini.

Seiring dengan perkembangan jaman, perusahaan chipset ini juga mempunyai inovasi barunya yang akan dapat mendukung jaringan 5G. MediaTek mengumumkan chipset 5G yang terbaru yang dikenal dengan Dimensity. Masih mempunyai keunggulan yang ditawarkan dari produk chip lainnya, produk yang satu ini juga akan mempunyai harga terjangkau sehingga dipasarkan dan dapat menjadi pilihan terbaik untuk smartphone kelas menengah. Produk ini merupakan chip pertama Dimensity 700 series yang menjadi pelengkap dari Dimensity 800 dan 1000 yang sebelumnya juga sudah diperkenalkan di pasaran.

System On Chip ini mempunyai fabrikasi 7nm dan mempunyai delapan inti acta core. Delapan inti CPU tersebut mempunyai dua prosesor yang dipunyai yaitu menggunakan dua prosesor Cortex A76 yang mempunyai kecepatan clock 2 GHz. Sedangkan untuk sisanya adalah menggunakan enam inti prosesor Cortex A55. Prosesor tersebut sama seperti sebelumnya juga mempunyai kecepatan yang sama yaitu clock 2 GHz. Selain CPU tersebut, chip ini juga dilengkapi dengan spesifikasi lainnya seperti menggunakan GPU ARM Mali G57 MC3. Sedangkan untuk RAM yang dimilikinya menggunakan jenis LPDDR4x yang mempunyai kecepatan 2.133 MHZ dan mempunyai kecepatan maksimal hingga 12 GB. Sedangkan untuk spesifikasi terakhir adalah mempunyai media penyimpanan jenis UFS 2.2.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa chip ini akan bisa digunakan untuk handphone 5G kelas menengah. Hal tersebut karena chip ini telah dibekali dengan modem 5G yang sudah terintegrasi menggunakan jaringan sub dengan kecepatan 6GHz standalone dan non standalone. Sehingga hal tersebut akan membuatnya dapat mengakses jaringan 5G tanpa menggunakan modem tambahan.

Selain itu, beberapa fitur lainnya yang dipunyai oleh dimensity 720 adalah sebagai berikut ini:

  • Chipset ini mempunyai konfigurasi kamera dengan resolusi yang besar yaitu hingga 64 MP. Kamera yang dipunyai dapat dengan dual kamera yaitu dengan konfigurasi 20 MP dan 16 MP. Kamera tersebut juga mempunyai AI dari MediaTek.
  • Layarnya mempunyai refresh rate 90 Hz dengan resolusi hingga 2520×1080 pixel.
  • Mempunyai teknologi bluetooth 5.1, video dengan kualitas 4K, dan juga pemutaran video dengan MiraVision dengan HDR10+.
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield