Mana Paling Boros Bandwidth, Zoom, Skype, Hangouts, atau Webex?

Mana Paling Boros Bandwidth, Zoom, Skype, Hangouts, atau Webex?

Work from home yang dianjurkan pemerintah demi mencegah penularan virus corona akhir-akhir ini mau tak mau membuat masyarakat membutuhkan kuota internet lebih banyak untuk melakukan pekerjaan dari rumah tanpa ketinggalan deadline. Bukan hanya untuk mengirimkan tugas kepada client namun juga untuk melakukan rapat yang seharusnya dihadiri oleh beberapa kolega. Untuk itu Anda membutuhkan aplikasi video conference yang saat ini sudah banyak pilihan. Bandwidth, Zoom, Skype, Hangout dan Webex merupakan aplikasi video conference terbanyak yang dipilih oleh masyarakat. Namun tentu saja Anda tidak membutuhkan semuanya, memilih satu aplikasi yang paling tepat dan hemat akan menjadi solusi yang terbaik. Pertanyaannya, mana yang paling boros diantara Zoom, Skype, Hangouts, atau Webex untuk menjadi pilihan Anda.

Belum lama ini salah satu operator telepon di Indonesia melakukan tes untuk mengetahui aplikasi video conference apa yang membutuhkan kuota lebih banyak dibandingkan lainnya. Menggunakan parameter yang sama, yaitu melakukan video conference dengan lima orang partisipan selama 30 menit. Berikut ini adalah hasil dari uji coba tersebut yang bisa Anda gunakan untuk patokan dalam memilih mana yang paling hemat untuk mengirit kuota:

  1. Zoom.

Aplikasi video conference ini membutuhkan kecepatan internet antara 600 kbps hingga 1.9 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, jika pengguna Zoom menggunakan aplikasi untuk panggilan dengan kualitas 720p selama 1 jam, akan membutuhkan data sebesar 540MB.

2. Skype.

Skype pada umumnya membutuhkan bandwidth 977 kbps. Namun kebutuhan ini berbeda untuk tiap kebutuhan sehingga kebutuhan kuota bisa bervariasi tergantung dari jenis aplikasi yang Anda gunakan. Berikut ini adalah kebutuhan bandwidth dari laman resmi Skype:

  • Group video untuk partisipan 3 orang kebutuhan minimal 512 kbps/128 kbps dan untuk unduhan 2 Mbps/512 kbps.
  • Group Video untuk 5 partisipan kebutuhan minimum 2 Mbps/128 kbps dan untuk unduhan 4Mbps/512kbps.
  • Group Video untuk partisipan lebih dari 7 orang kebutuhan minimum 4Mbps/128kbps dan untuk unduhan 8Mbps/512kbps.

3. Google Hangout.

Hangout menempati urutan ketiga yang paling hemat dengan kebutuhan bandwidth 1100kbps. Sedangkan kebutuhan ideal untuk melakukan video conference untuk lima orang yaitu outbound 3.2 Mbps dan Inbound 3.2 Mbps.

4. Webex.

Webex berada di peringkat paling membutuhkan banyak kuota untuk melakukan video conference. Kebutuhan Webex mencapai hingga 1700kbps yang digunakan untuk fitur-fitur di dalam aplikasinya antara lain:

  • Application sharing: 180kbps.
  • Full-screen video thumbnail: 520-640kbps.
  • Full-screen video HD: 1260-1820kbps.
  • Thumbnail view: 64kbps/180kbps.
  • List view: 180kps.

Meski data yang didapatkan sudah menghasilkan urutan sesuai dengan kebutuhan bandwidth, akan tetapi tetap saja Anda sebagai pengguna dapat mengatur seboros mana penggunaan kuota untuk video conference dengan cara memilih kualitas video yang diinginkan. semakin baik kualitasnya maka akan semakin besar kebutuhan kuota.

Kini Anda bisa memilih dengan lebih bijaksana dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Sebaiknya memilih sesuai dengan kebutuhan misalnya jika untuk kebutuhan non formal, dapat menggunakan kualitas video yang lebih rendah, sebaliknya untuk kebutuhan formal dan penting, dapat memakai kualitas video yang paling baik. memiliki lebih dari satu aplikasi juga bisa menjadi solusi dimana Anda bisa memilih aplikasi yang paling irit kuota dan aplikasi yang paling memberikan kualitas video terbaik sehingga bisa Anda pakai sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat itu. Dengan berbagai aplikasi video conference ini, Anda bisa tetap aktif dan produktif meski di rumah saja demi melawan Corona.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield