Maksimalkan Pemakaian Kartu BPJS untuk Perawatan Kesehatan Anda

syarat dan cara daftar bpjs kesehatan online

Maksimalkan Pemakaian Kartu BPJS untuk Perawatan Kesehatan Anda

Menjaga kesehatan itu sangat mudah, bahkan cara-cara yang dilakukan itu sangat sederhana sekali. Mulai dari mengatur pola hidup, pola makan, istirahat yang cukup sampai dengan olahraga secara rutin. Jika semuanya itu dilakukan secara baik dan seimbang bukan tidak mungkin tubuh Anda akan sehat saat ini sampai dengan masa yang akan datang. Serangan penyakit yang terlalu kuat tidak sedikit membuat orang mengalami masalah kesehatan. Tidak sedikit yang harus pasrah terbaring dirumah sakit dengan berbagai macam masalah kesehatan.

Ketika sudah jatuh sakit semua orang baru sadar bahwa menjaga kesehatan itu sangat penting dan bisa dikatakan sehat itu mahal harganya. Biaya perawatan, biaya konsultasi sampai dengan biaya obat yang mahal akan sangat dirasakan sekali. Hal itu akan terasa berat jika Anda tidak mempunyai cadangan atau tabungan uang dan sedang terkena musibah sakit dan harus dirawat. Masalah finansial sudah pasti akan disarankan, baik itu dalam jumlah kecil ataupun besar. Semua orang pasti tidak ingin mengalami masalah yang demikian bukan? Apalagi harus berhutang akibat sakit yang dialami secara tiba-tiba.

Untuk menghindari resiko keuangan di masa yang akan datang seperti ketika sakit, saat ini sudah ada berbagai jenis asuransi yang bisa Anda manfaatkan. Bahkan masing-masing perusahaan menawarkan produk yang benar-benar terfasilitasi lengkap. Tidak ketinggalan pula dari pihak pemerintah yang mulai memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia dengan hadirnya BPJS. Jadi sistem kerjanya mirip dengan asuransi, begitu pula pelayanan yang diberikan tidak hanya pada tempat khusus milik pemerintah saja. Sebagai usaha meminimalisir resiko yang bisa saja terjadi di depan, BPJS bisa menjadi solusi.

BPJS bukanlah produk baru dan sudah banyak pula masyarakat yang menggunakan fasilitas mudah dari kartu tersebut. Meskipun begitu rupanya masih banyak sekali masyarakat yang belum paham, bagaimana cara untuk klaim pertanggungannya? Bagi Anda yang belum paham, bisa lakukan melalui beberapa langkah berikut ini:

  1. Ketika sakit Anda bisa mengunjungi faskes 1 bisa dari klinik atau puskesmas yang telah tertulis layanan BPJS. Tetapi hal itu bisa dilakukan bila mana sedang dalam kondisi pasien darurat.
  2. Jika memang pengobatan tidak bisa dilakukan secara maksimal dari faskes 1 pasti akan memberikan surat rujukan untuk datang ke rumah sakit dengan pelayanan yang lebih mumpuni. Jadi tetap harus melihat kondisi dari pasien terlebih dahulu sebelum melakukan rujukan.
  3. Ketika Anda datang kerumah sakit tanpa menggunakan surat rujukan, secara otomatis pihak rumah sakit tidak bisa secara langsung menggunakan BPJS. Karena prosedur tersebut harus dilakukan, meskipun dari masyarakat tetap ada pro dan kontra karena kurang pemahaman dari awal.
  4. Ketika ada surat rujukan, Anda bisa langsung membawa beberapa surat penting kelengkapan seperti kartu identitas atau KTP, BPJS asli, fotocopy kartu keluarga, sampai dengan surat rujukan diawal.
  5. Datanglah kerumah sakit lebih awal untuk mendapatkan antrian awal, umumnya peserta BPJS lebih banyak.

Secara umum memang terlihat mudah, tetapi bagi beberapa orang yang kurang paham banyak sekali kesulitan. Terlebih lagi jika tidak mengetahui kondisi apa saja yang tidak bisa menggunakan kartu BPJS yang dimiliki. Ya, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya sendiri tanpa BPJS seperti misalnya kelas perawatan yang tidak sesuai iuran, jenis obat yang tidak ditanggung BPJS, sampai dengan beberapa aturan khusus lainnya. Nah, inilah kenapa penting sekali memahami sistem atau prosedur penggunaan BPJS ataupun asuransi swasta sebelum mendaftarkan diri.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield