Layar Galaxy Note 20 Ultra Punya ‘Refresh Rate’ yang Berubah Otomatis Sesuai Konten

Layar Galaxy Note 20 Ultra Punya ‘Refresh Rate’ yang Berubah Otomatis Sesuai Konten

Belakangan ini Samsung yaitu vendor perangkat elektronik asal negara Korea Selatan memang tengah gencar-gencarnya di dalam mengeluarkan produk smartphone mereka ke pasaran, tentunya dengan inovasi terbaru dari sebelumnya. Salah satu produk high end yang akan dirilis adalah Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Seri ini nantinya akan mendapatkan banyak inovasi terbaru, termasuk diantaranya adalah pada bagian layar atau displaynya. Apalagi beberapa waktu lalu pada divisi display Samsung juga mengumumkan menggunakan produk terbarunya yaitu Variable Refresh Rate Display.

Sama seperti namanya dimana produk yang satu ini memang akan dibekali dengan kemampuan layar yang dapat menyesuaikan refresh rate dengan konten yang ditampilkannya secara otomatis, mulai diantaranya adalah 10 Hz, 30 Hz, 60 Hz bahkan juga sampai dengan 120 Hz. Sebenarnya refresh rate ini sendiri adalah sebuah spesifikasi yang ada pada komponen panel yang nantinya dapat mengukur seberapa sering sebuah gambar atau frame yang ada pada layar tersebut diperbaharui atau melakukan refresh setiap detiknya.

Secara sederhana nantinya layar 60 Hz dapat menampilkan 60 gambar setiap detiknya, begitu juga dengan yang 90 hingga 120 Hz, jadi nantinya animasi juga akan tampil secara lebih mulus. Dengan adanya teknologi terbaru yaitu refresh rate ini yang tinggi di dalam layar maka ia memungkinkan konten yang ditampilkan akan jauh lebih mulus atau nyaman dilihat dan pastinya juga cukup unik. Keunikannya dikarenakan karena biasanya pengguna dapat mengatur layar smartphone masing-masing agar dapat beroperasi dengan menggunakan satu mode refresh rate saja. Namun dengan adanya menu baru semacam ini maka memungkinkan perubahan dilakukan secara otomatis.

Dengan kata lain nantinya layar pada ponsel ini akan tetap berada pada mode ini yaitu refresh rate yang ditentukan oleh pengguna sebelum melakukan pengubahan. Hal ini juga sangat mungkin akan memunculkan masalah baru, yaitu menguras daya baterai apalagi jika terus menerus dilakukan refresh rate yang tinggi. Karena memang konten yang ditampilkan tersebut belum tentu selalu menuntut refresh rate tinggi. seperti diantaranya adalah pada gambar-gambar yang tidak bergerak atau sejenisnya.

Dengan alasan itulah kemudian dikeluarkan teknologi VRR Mobile Display, dimana nantinya panel yang mengusung teknologi tersebut menjadi tidak boros daya dan juga memungkinkan pemakaian baterai pada perangkat Anda jadi semakin hemat. Samsung juga mengklaim jika seandainya teknologi VRR ini akan menghemat baterai pada panel pengguna hingga 22 persen. Dimana selama ini layar dengan 10 HZ diklaim bisa memakan 60 persen daya dari layar yang refresh ratenya lebih tinggi.

Tentunya panel yang mengadopsi layar VRR ini hanya dapat dijumpai pada ponsel layar sentuh produksi dari Samsung ini saja, seperti diantaranya adalah Galaxy Note 20 Ultra yang baru saja akan dirilis, namun belum diketahui juga kapan nantinya ada smartphone atau ponsel pintar lain yang akan mengadopsi teknologi terbaru seperti besutan dari Samsung ini. Jadi bagi Anda yang ingin merasakan secara langsung apa sajakah perbedaan antara varian ponsel dengan panel biasa maupun yang sudah mengadopsi refresh rate ini maka bisa membeli produk keluaran dari Samsung tersebut. Namun tentunya bukan itu saja keunggulan yang ditawarkan, melainkan akan ada lebih banyak lagi diantara fitur-fitur terbaru yang akan dibesutkan pada produk tersebut, jadi pastikan tidak ketinggalan.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield