Kuota Belajar Kemendikbud sudah Mulai Disalurkan Hari Ini

Kuota Belajar Kemendikbud sudah Mulai Disalurkan Hari Ini

Pandemi corona memang tidak hanya menyerang segi kesehatan masyarakat saja. Akan tetapi faktanya memang corona telah mampu membuat hidup masyarakat Indonesia sangat kacau. Mulai dari kehidupan ekonomi, pekerjaan sampai dengan kegiatan pendidikan. Untuk itu, sebagai salah satu bentuk antisipasi untuk menghadapi berbagai macam hal buruk maka pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberikan bantuan kuota gratis bagi para pelajar, mahasiswa dan tenaga pendidik lainnya. Dan kabarnya untuk bantuan kuota belajar bulan November sudah mulai dicairkan. Dan untuk penyalurannya sendiri dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pada penyaluran tahap kedua yakni bulan November ini kabarnya nanti akan disalurkan secara serentak pada Kamis, 12 November 2020. Hal ini juga kabarnya telah disampaikan secara langsung oleh pihak Kemendikbud lewat Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat yakni Elvy Mulyani. Dan pihaknya sendiri juga sudah menyiapkan laman dan juga aplikasi untuk belajar yang nantinya akan bisa dengan mudah diakses dengan memanfaatkan kuota data untuk bantuan kuota pendidikan yang diberikan oleh pihak pemerintah. sedangkan untuk pihak kampus dan juga yang ingin mendapatkan subsidi kuota bisa langsung di cek pada website resmi milik Kemendikbud yang ada hubungannya dengan kuota belajar.

Pihak kemendikbud telah memberikan penjelasan bahwa pada sebelumnya memang hanya terdapat 19 aplikasi untuk belajar. Tidak hanya itu saja, namun juga terdapat beberapa media lain sebagai pendukung yakni yang terdiri dari 5 video conference, 401 website dan juga ada 22 website pihak universitas yang nantinya diharapkan bisa memadai serta memenuhi untuk kebutuhan para pelajar dan juga mahasiswa. Dan untuk saat ini kabarnya juga sudah mulai banyak sekali bermunculan berbagai macam website yang bisa digunakan untuk belajar.

Jadi dari kuota subsidi tersebut memang dibagi menjadi dua. Yakni untuk kuota umum dan juga kuota belajar. Dan untuk yang kuota belajar tersebut kabarnya memang hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa platform atau media pembelajaran yang memang sudah dipersiapkan oleh pihak Kemendikbud sebelumnya. Jadi dengan begitu maka nantinya kegiatan belajar mengajar tetap bisa terlaksana meski belajar memang dilakukan dalam jarak jauh. Disisi lain mungkin banyak yang penasaran dengan bantuan kuota pendidikan tersebut seberapa banyak.

Jadi untuk jenis bantuan atau subsidi kuota belajar yang diberikan oleh pemerintah terhadap para murid, mahasiswa dan tenaga pendidik ini memang merupakan salah satu bentuk aspirasi dan kepedulian pihak pemerintah kepada masyarakat Indonesia. supaya nanti selama pandemi ini berlangsung kegiatan belajar mengajar bisa tetap berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan. Jadi dari pihak pemerintah juga akan tetap memastikan bahwa pembagian subsidi kuota data ini tidak hanya diberikan pada beberapa daerah yang ada di Indonesia, tetapi juga diberikan kepada para tenaga pendidik, dan para anak sekolah serta mahasiswa yang ada di Indonesia.

Jadi dimulai dari untuk peserta didik jenjang PAUD akan mendapatkan paket kuota internet dengan besaran yakni 20 GB untuk setiap bulannya. Dengan rinciannya adalah 5 GB kuota umum, dan 15 GB untuk kuota belajar. Sedangkan untuk yang ada di pendidikan dasar dan menengah akan mendapatkan bantuan 35 GB yakni 5 GB kuota mum dan 30 GB untuk belajar. Jadi intinya adalah semakin tinggi jenjang pendidikan dan tenaga pendidik yakni mulai dari guru di PAUD sampai dengan mahasiswa maka kuota bantuan subsidi yang di dapatkan juga akan berbeda dan akan lebih banyak.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield