Kenapa GPS Smartphone Android Error atau Tidak Berfungsi?

Kenapa GPS Smartphone Android Error atau Tidak Berfungsi?

Global Positioning System atau lebih seringnya dikenal dengan istilah GPS merupakan salah satu sistem navigasi yang sudah berbasis satelit. GPS ini saat ini sudah sering kita temukan di berbagai perangkat smartphone. Tidak hanya di smartphone saja, namun GPS saat ini juga sudah mulai terpasang di mobil, kapal, motor dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang saat ini bekerja dengan mengandalkan GPS salah satunya adalah pengemudi ojek online, pasti sangat terbantu dengan adanya GPS karena akan sangat mempermudah pekerjaan. Namun bila GPS mati dan tidak paham suatu wilayah hal ini tentu akan membuat Anda bingung dan kesal. Dengan menggunakan GPS kita dapat menemukan suatu alamat dengan tepat dan cepat. Saat ini memang sudah banyak sekali aplikasi peta yang sudah sangat populer yang bisa Anda temukan di smartphone seperti Google Maps ataupun Here Maps.

Namun karena yang namanya sebuah sistem, terkadang GPS memang tidak bisa bekerja secara maksimal dan sering eror. Jadi di bawah ini adalah beberapa langkah atau cara yang bisa Anda lakukan saat GPS yang ada di smartphone Anda sedang eror:

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan restart pada informasi atau pengaturan lokasi. Anda bisa memulainya dengan buka setting kemudian pilih menu advanced settings klik pilih location access. Dan pada bagian My Location Anda bisa mematikannya untuk beberapa saat dan coba untuk hidupkan kembali.
  2. Alasan kenapa GPS smartphone android sering eror biasanya disebabkan oleh cache yang terlalu penuh. Jadi langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus cache serta data aplikasi yang ada pada peta. Anda dapat melakukannya dengan klik setting kemudian pilih app menu dan pilih aplikasi peta yang ada di smartphone Anda. Selanjutnya yaitu Anda bisa pilih menu storage dan tekan tombol clear cache serta clear data.
  3. Uninstall aplikasi untuk sementara waktu dan pasang kembali. Apabila langkah-langkah sebelumnya ternyata tidak membuahkan hasil dan GPS masih tetap eror, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menguninstall aplikasi tersebut dan Anda bisa install kembali di Google Play Store.

Memiliki smartphone yang canggih dan tidak pernah memang akan membuat kebanggaan tersendiri. Namun Anda juga perlu ingat bahwa smartphone juga memiliki keterbatasan sehingga apabila beban aplikasi smartphone Anda terlalu berat dan banyak sudah dapat dipastikan hal tersebut akan sangat berdampak pada smartphone Anda salah satunya adalah smartphone menjadi lemot atau bisa juga menjadikan smartphone menjadi mudah panas.

Bila smartphone memiliki banyak sekali aplikasi di dalamnya hal ini sudah pasti akan sangat berdampak pada kinerja dari smartphone yang Anda miliki. Selain menjadikan smartphone lebih lemot dan mudah panas, hal terburuk yang akan terjadi adalah bisa jadi smartphone Anda akan mengalami bootlop dan tidak bisa nyala. Kalau sudah begini tentu Anda sendiri yang akan rugi.

Oleh karena itu, mulai sekarang apabila Anda memiliki smartphone sesuaikan kembali dengan daya tampung atau RAM yang dimiliki oleh smartphone Anda. jangan terlalu memaksakan untuk tetap menggunakan semua aplikasi padahal smartphone Anda sebenarnya tidak mumpuni untuk menggunakan aplikasi tersebut. Jika Anda tetap memaksakan banyak kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Salah satunya adalah smartphone bisa mati total dan butuh biaya mahal untuk memperbaikinya.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield