Kenapa Daya Baterai HP Cepat Habis dan Boros?

Kenapa Daya Baterai HP Cepat Habis dan Boros?

Ponsel sudah menjadi kebutuhan primer orang saat ini. Harganya sesuai tipe dan dapat dibeli semua kalangan. Kegunaannya tidak hanya untuk berkomunikasi. Perkembangan teknologi mendesainnya menjadi multifungsi. Tempat orang untuk mengekspresikan diri. menyampaikan aspirasi. Bahkan untuk mencari rezeki. Hanya saja, daya baterai HP cepat habis dan boros menjadi sedikit kelemahannya.

Orang-orang tidak bisa lepas menggunakan HP 24 jam nonstop. Namun, ada jeda untuk mengisi dayanya kembali, agar bisa digunakan. Permasalahannya terjadi apabila baterai baru saja di charger, tetapi 2 sampai 3 jam sudah habis. Pasti Anda akan bertanya-tanya apa penyebabnya. Jika dibiarkan terlalu lama keadaan seperti itu juga akan berdampak tidak baik. Bisa-bisa Anda tidak dapat menggunakannya lagi.

Berikut ini ada beberapa penyebab baterai HP cepat habis atau boros. Baik itu karena kondisi HP-nya sendiri atau pengaruh dari luar. Simak penjelasannya:

  • Sering Menelepon

Bagi Anda yang bekerja menggunakan ponsel pasti sering melakukan panggilan atau menerima telepon. Jika hal itu terjadi secara terus-menerus, maka daya baterai cepat terkuras. Biasanya HP akan terasa panas bukan? Saat anda menyimpannya di telinga selama berjam-jam. Itulah tanda dari baterai yang bekerja dengan ekstra untuk menangkap sinyal.

  • Terlalu Banyak Notifikasi Aplikasi

Notifikasi dari aplikasi berupa pesan yang masuk ke HP juga dapat menyebabkan daya baterai cepat habis. Ponsel akan bekerja keras untuk menerima setiap notifikasi. Hindari juga pemasangan aplikasi HP yang tidak diperlukan. Gunakan yang memang penting sehingga tidak memenuhi RAM.

  • Umur HP Sudah Tua

Pengaruh umur sebuah ponsel juga menjadi penyebab baterai menjadi cepat habis. Mesin-mesin penggeraknya sudah tidak lagi dapat bekerja optimal. Apalagi kondisi penyimpanan yang penuh, akan menguras daya baterai Anda.

  • Sering Menggunakan Kamera untuk Foto dan Video

HP juga sering digunakan orang untuk mengekspresikan dirinya yang dikirim ke media sosial. Baik itu video atau foto. Tindakan menyimpan gambar dan video, tanpa memikirkan kapasitas RAM dan memori internal dapat menjadi pemicunya. Kemudian kinerja kamera juga akan terfokus untuk membidik sasarannya. Hal itu membuatnya jadi boros.

  • GPS dan Bluetooth Selalu Menyala

Membiarkan GPS dan bluetooth dalam keadaan menyala juga dapat menguras baterai. Jika Anda sudah menggunakannya jangan lupa untuk mematikannya. Terkandung memang aplikasi tersebut bisa menyala sendiri. Jika hal itu sering terjadi, maka ubah pengaturannya supaya bisa digunakan saat diperlukan saja.

  • Kondisi Cuaca Ekstrim

Suhu HP tidak boleh dalam keadaan terlalu panas. Hal itu dapat menyebabkan kondisi HP Anda jadi cepat habis. Begitu pula dengan keadaan ponsel yang terlalu dingin, bisa menyebabkan jumlah baterai cepat berkurang. Hal itu biasanya karena cuaca yang ekstrim. Simpan HP di tempat yang bisa membuatnya tetap stabil.

  • Pengecas Tidak Cocok

Gunakan pengecas baterai yang khusus untuk ponsel Anda. jangan sembarangan menggunakan charger, baterai Anda bisa cepat habis. Jika kondisinya sudah rusak, maka usahakan mencari penggantinya yang sama presisi. Saat sedang mengisi baterai usahakan juga sesuai ketentuan, jangan melebihi batas yang sudah diberikan. Hal itu mengapa pentingnya untuk membaca instruksi di buku panduan penggunaannya.

HP yang sering mati secara mendadak jelas membuat suasana hati sontak menjadi kesal. Tidak ingin hal itu terjadi. Rawat ponsel agar suhunya tetap dalam keadaan normal. Aktifkan mode penerbangan untuk membuatnya tetap awet. Bawa juga powerbank saat bepergian jauh, saat HP mati Anda sudah ada cadangannya. Kurangi juga penyimpanan yang tidak perlu di ponsel.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield