Kemudahan eSIM di iPhone 11

Kemudahan eSIM di iPhone 11

Iphone merupakan merk smartphone populer yang diimpikan banyak orang. Apple sebagai produsennya membekali iPhone dengan teknologi terbaik di masanya. Saat ini hal tersebut tertuang dalam seri iPhone baru yaitu iPhone 11 yang telah mendukung penggunaan dual sim dimana salah satunya memakai eSIM. eSim merupakan kependekan dari embed sim yang tidak memerlukan sim card fisik seperti sebelumnya. iPhone sendiri hanya menjual iPhone 11 dengan dua sim card fisik untuk negara China dan Hongkong saja sedangkan di negara lain memakai seri dengan 1 sim card fisik dan 1 eSIM termasuk di Indonesia. Sedangkan di Indonesia sendiri hingga saat ini masih ada satu provider yang menyediakan eSIM yaitu di jaringan CDMA.

Menggunakan eSIM sangat mudah bahkan lebih mudah dibandingkan memakai sim card fisik. Anda tak perlu memasukkan sim card ke dalam slot karena pemakaiannya hanya dengan menscan barcode atau QR yang disediakan di kemasan kartu perdana. Bagi Anda pengguna iPhone 11 dan ingin memakai dua sim dengan salah satunya eSIM, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Sambungkan iPhone ke wifi jangan menggunakan paket internet dari sim.
  2. Buka menu setting.
  3. Pilih menu Cellular.
  4. Pilih Add Cellular Plan.
  5. Akan muncul jendela untuk memindai kode QR. Temukan kode QR di kemasan kartu perdana eSIM yang dimiliki lalu pindai hingga iPhone mengenalinya.
  6. Setelah terdeteksi iPhone akan memberikan notifikasi berhasil menambahkan Cellular Plan baru.
  7. Tekan tombol Add Cellular Plan untuk mengkonfirmasi.

Setelah melakukan setting di atas, Anda bisa mengatur penggunaan sim card dan eSim dengan melakukan pemilihan sim mana yang berada di jaringan 1 dan 2. Selain itu Anda juga bisa mengatur sim mana yang digunakan untuk SMS, bicara dan koneksi data internet. Meski begitu iPhone 11 memiliki fitur pengalihan sim untuk memudahkan Anda mengganti penggunaan koneksi agar bisa memakai jaringan sim yang terbaik saat itu.

Di Indonesia, provider yang sudah menyediakan eSIM menggunakan jaringan CDMA dengan membekali perdananya kuota berkapasitas besar. Anda pengguna iPhone 11 dapat memakainya sebagai sumber data koneksi karena harganya yang termasuk murah meriah. Namun jika mengalami kendala pada jaringan karena memakai CDMA, Anda bisa mengganti penggunaan jaringan koneksi ke sim card fisik dengan jaringan GSM. Perlu diketahui bahwa dalam iPHone 11, tidak mendukung penggunaan dua jaringan CDMA sehingga jika salah satu sim yang dipakai sudah CDMA, Anda harus memakai sim GSM untuk slot yang lain.

iPhone 11 juga memiliki sistem pengingat yang canggih dimana Anda dapat memilah menggunakan sim card mana untuk melakukan panggilan tertentu. iPhone akan mengingat sim card yang digunakan untuk menelpon kontak tersebut kemudian memakainya jika Anda melakukan dial ke nomer yang sama. Dengan begitu Anda tak perlu memilih kembali jika pilihannya berbeda dari setting default yang diterapkan sebelumnya.

Dengan fitur eSIM dari iPHONe, Anda akan tetap memiliki smartphone yang dapat digunakan untuk dua jaringan sekaligus dan keduanya sama-sama bisa dipakai secara bersamaan. Selain itu tentu saja iPhone 11 memiliki teknologi komunikasi dan hiburan yang canggih untuk memberikan Anda kemudahan dan kenyamanan menggunakan produk teknologi. Satu kekurangan dari penggunaan esim adalah Anda tidak bisa menggunakan eSIm yang sama di dua perangkat berbeda tanpa melakukan pelaporan atau pengaturan secara langsung di gerai provider yang menyediakan eSIM.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield