Jangan Salah Arti, Ini Bedanya Jaringan 5G dan Wifi 5G

Jangan Salah Arti, Ini Bedanya Jaringan 5G dan Wifi 5G

Sejalan dengan kebutuhan konsumen yang semakin tinggi akan akses internet yang cepat, maka sekarang ini kian banyak diantara produsen yang memproduksi perangkat teknologi cepat yaitu dengan akses sampai 5G. Meskipun di Indonesia sendiri memang masih belum ada provider yang mengeluarkan akses jaringan hingga 5G tersebut. Teknologi 5G ini sendiri akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Apalagi sekarang ada banyak hal yang mengandalkan akses internet cepat, baik untuk kebutuhan bisnis ataupun juga belajar sistem online atau daring.

Namun sudah banyak diantara negara yang mengadopsi akses internet 5G tersebut. Sehingga tingkat kecepatan internet yang ada di negara mereka juga jadi kiat tinggi. Ternyata sebutan 5G ini tidak hanya disematkan pada jaringan internet generasi kelima. Bahkan jaringan Wifi juga ada yang dikenal sebagai Wifi 5G, lalu apa bedanya dengan jaringan seluler? Tentunya saja diantara keduanya berbeda. Teknologi jaringan 5G yang disematkan pada perangkat smartphone merupakan sebuah standard jaringan seluler terbaru. Dimana artinya 5G adalah generasi kelima, dimana teknologi tersebut hadir sebagai penerus dari 4G.

Teknologi 5G ini juga dirancang secara lebih cepat, jaringan 5G juga memiliki latensi yang lebih rendah dibandingkan dengan 4G LTE. Keberadaan dari smartphone 5G pertama sudah diproduksi pada tahun 2019. Selain itu sebenarnya ia juga dianggap sebagai penunjang penting bagi perangkat Internet of Things atau yang dikenal sebagai IoT, mengingat lebih banyak perusahaan besar yang mengandalkan layanan tersebut belakangan ini. meskipun jaringan 5G ini telah menjadi sebuah standard baru, namun tidak ada hubungannya sama sekali dengan Wifi 5G.

Bahkan Wifi 5G ini sudah lebih dulu hadir sebelum adanya jaringan 5G. Bahkan sekarang ini ponsel 4G sudah mendukung jaringan Wifi 5G untuk akses internet yang jauh lebih cepat. Tentunya berbeda dengan jaringan seluler 5G, adanya embel-embel 5G pada jaringan Wifi ini artinya bukan generasi kelima. Melainkan kependekan atau singkatan dari 5 Ghz. GHz ini adalah satu dari dua pita frekuensi yang dipakai oleh Wifi. Selain ada 5 GHz maka ada pita frekuensi yang lainnya, yaitu 2,4 Ghz,

Pada Wifi dengan standard 802. 11n sudah mulai menggunakan pita frekuensi 5 GHz, yaitu sekitar tahun 2009 sampai dengan saat ini. Wifi 5 GHz ini sendiri dapat dipakai untuk mentransmisikan data secara lebih cepat. Hanya saja memang jangkauannya lebih pendek dan kurang efektif jika digunakan untuk menembus ruangan yang berlapis tembok tebal. Sebaliknya untuk Wifi dengan 2,4 GHz maka ia memiliki kecepatan yang lebih lambat. Namun untuk panjang gelombang pita frekuensi jangkauannya lebih luas dan juga handal dalam menembus dinding tebal.

Hanya saja ternyata sebuah smartphone bisa memiliki fitur 5G dan juga Wifi 5G secara bersamaan. Ponsel dapat mendukung jaringan 5G bila telah dibekali dengan chip modem. Termasuk diantaranya adalah antena yang dapat menerima sinyal. Sedangkan untuk fitur Wifi 5G saat ini sudah banyak disematkan pada smartphone. Sebenarnya istilah dari Wifi 5G ini adalah istilah yang tidak resmi, sudah cukup marak di tengah-tengah masyarakat sejak munculnya istilah 3G dan juga 4G. Orang-orang banyak menyebutkan 5G ini untuk mempermudahnya saja. Sehingga hal tersebut kerap kali memunculkan kesalahpahaman, menganggap bahwa jaringan 5G dan Wifi 5G sama, padahal sebenarnya berbeda.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield