Isi Situs Kini Bisa Dibacakan Melalui Google Assistant

Isi Situs Kini Bisa Dibacakan Melalui Google Assistant

Keberadaan dari asisten virtual layaknya Google Assistant memang memberikan banyak sekali kontribusi positif di dalam kehidupan masyarakat, khususnya adalah pengguna teknologi. Karena Anda bisa mengoperasikan ponsel atau smartphone secara lebih mudah dengan mengandalkan fiture yang satu ini. Bahkan sudah sejak lama ia dijadikan sebagai standard bagi para smartphone Android. Masyarakat saat ini juga banyak yang sudah memanfaatkan keberadaan dari layanan tersebut.

Bahkan semakin hari Google sendiri juga senantiasa melakukan upgrade, seperti dengan menyematkan keberadaan fiture-fiture terbaru, sehingga memungkinkan Google Assistant ini sendiri juga lebih banyak lagi fungsi atau kemampuannya layaknya manusia. Jadi masyarakat akan semakin dipermudah dalam mengandalkan perangkat teknologi yang satu ini dalam menjalankan berbagai macam kegiatan menggunakan smartphone. Bahkan di awal januari lalu pada acara Cosumer Electronics Show, pihak dari Google sendiri juga mulai memperkenalkan kemampuan baru dari Google assistant ini.

Kemampuan terbaru yang dapat dilakukan oleh asisten Google ini adalah dapat membacakan semua isi website untuk para pengguna. Fiture tersebut dinamakan sebagai ‘Read It’ dan resmi diluncurkan atau bisa digunakan pada beberapa hari belakangan ini. fiture terbaru tersebut nyatanya juga sudah mulai bisa digunakan oleh Anda yang memakai Android ver 5 atau yang lebih baru lainnya. Jadi untuk menggunakannya tentu Anda harus melakukan upgrade terlebih dahulu. Khusus untuk penyalurannya sendiri memang sengaja dilakukan secara bertahap.

Keberadaan dari fiture Read It ini sendiri memang memungkinkan para pengguna untuk mendengarkan laman dari situs web dengan menggunakan text to speech, bahkan kini fiture tersebut sengaja dibuat secara lebih canggih, jadi ketika didengarkan pembawaannya akan terdengar lebih natural, tidak lagi seperti robot atau kaku. Guna bisa mendukung fiture Reat It ini di dalam membacakan setiap isi yang ada di dalam website atau situs yang bersangkutan, maka Anda harus mendownload sebuah tool dengan nama Neural Network terlebih dahulu. Ini merupakan sebuah teknologi machine learning yang dipakai untuk membacakan teks dengan format dan juga halaman yang cukup panjang.

Nantinya untuk menggunakan aplikasi tersebut, maka Anda harus membuka website yang bersangkutan dari browser Chrome terlebih dahulu ataupun juga Google App hingga Google News App. Fiture yang satu ini nyatanya dapat membacakan sebuah teks dengan setidaknya 42 bahasa, termasuk diantaranya juga ada bahasa Indonesia. Jadi nantinya Anda hanya perlu mengandalkan opsi atau pilihan ‘translate’ yang digunakan dalam menerjemahkan teks tersebut. Ketika dicoba maka fiture ini ternyata berhasil membuat Google Assistant tersebut untuk membaca seluruh isi halaman dengan memakai bahasa Indonesia.

Jadi nantinya bagi Anda yang tengah dalam perjalanan berkendara, kemudian juga berada di tempat umum dan sejenisnya, sambil mengisi waktu luang, maka bisa mendengarkan apa yang ada dalam sebuah website dengan mengandalkan aplikasi atau fiture terbaru dari Google Assistant tersebut. Selain dengan memintanya membacakan lewat perintah suara, sebenarnya Anda bisa dengan mudah menekan tombol Read It saja ketika asisten tersebut dipanggil, sangat mudah dilakukan bukan. Hanya saja sebelum bisa membaca isi website yang dimaksud tersebut, maka aplikasi dari Google ini harus diberikan izin untuk mengakses kontan on screen. Nantinya Anda sendiri juga tidak perlu lagi dalam meggulirkan halaman yang ada di website tersebut, karena laman ini akan bergulir secara otomatis sampai selesai.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield