Ini Dia Asal 10 Kata-kata di Internet yang Paling Pupuler

Ini Dia Asal 10 Kata-kata di Internet yang Paling Pupuler

Bagi Anda yang hobi berjejaring media sosial tentu saja tidak heran dengan berbagai istilah yang sudah akrab di telinga. Berbagai kata tersebut banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja untuk yang paling terkenal adalah “meme” yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari seseorang. Meme merupakan konten yang paling dibuat dan dibagi sesama teman daring dan biasanya mempunyai konten yang lucu. Selain “meme” juga ada banyak istilah internet lainnya yang populer dan di bawah ini adalah dijelaskan lebih lanjut mengenai asal muasal 10 istilah populer di internet dari “meme” hingga “troll”:

  • Deepfake dan FOMO

Dua istilah pertama yang akan dijelaskan adalah Deepfake dan FOMO. Untuk deepfake merupakan istilah untuk menyebutkan sebuah video yang sangat canggih dan dibuat dengan teknologi tinggi sehingga akan mirip dengan aslinya. Deep learning merupakan teknologi yang bisa digunakan untuk menghasilkan video rekaman yang seperti asli. Sehingga video ini seperti diperankan oleh orang tertentu. Deepfake sendiri merupakan gabungan dari deep learning dan fake yang mengacu pada video yang tampak asli tetapi sebenarnya palsu. Sedangkan untuk Fomo adalah istilah Fear Of Missing Out yang merupakan istilah takut kehilangan momen. Istilah ini berasal dari Organisasi Harbus di Harvard Business School pada tahun 2004 yang menggambarkan bahwa mahasiswa baru banyak menghadiri pesta kampus karena takut akan kehilangan momen.

  • Noob dan Wifi

Istilah selanjutnya adalah Noob yang merupakan istilah yang sudah akrab bagi anak muda. Istilah ini adalah ejekan untuk gamer pemula yang belum terlalu pintar seperti gamer junior. Istilah lainnya yang dikenal adalah Newbie yang sudah ada sejak lama. Noob sendiri baru muncul sekitar tahun 2000-an. Sedangkan untuk wifi merupakan koneksi jaringan nirkabel yang merupakan singkatan dari Wireless Fidelity.

  • Blog dan Troll

Istilah selanjutnya adalah bog yang merupakan laman untuk dapat menulis dengan mudah dan segera diterbitkan secara langsung sehingga akan dapat dibaca lebih banyak orang. Blog merupakan website yang Anda dapat untuk memilih nama sendiri dan menjadi alamat domain pribadi. Istilah blog berasal dari website log atau weblog tetapi sekarang ini lebih dikenal dengan blog. Sedangkan untuk troll adalah istilah untuk seseorang yang suka melakukan provokasi. Sehingga apabila membuat komentar yang memancing provokasi maka orang tersebut sedang melakukan troll yang berasal dari kata trawling yaitu menarik umpan secara perlahan.

  • Firewall dan Flamewar

Kata selanjutnya yang cukup terkenal adalah firewall yang merupakan program sekuriti untuk dapat mencegah peretasan. Software firewall sendiri untuk pertama kalinya dirilis pada 1992. Sekarang ini firewall dikenal sebagai tembok firewall yang dapat untuk mencegah api dan untuk istilah kedua dimaksudkan pada sofware firewall untuk mencegah komputer atau gadget yang dapat diretas oleh peretas. Flamewar sendiri merupakan keadaan ketika terjadi pertengkaran di internet dan saling mengejek atau flaming di internet.

  • Emoticon dan Meme

Kata selanjutnya yang sangat populer adalah emoticon atau emoji. Dimana untuk kata ini adalah karakter keyboard yang mempunyai bentuk mirip dengan ekspresi wajah. Selain manusia, bentuk emoji lainnya yang bisa digunakan adalah buah, binatang, tempat, bendera, dan emoji lainnya. Terakhir adalah Meme yang merupakan istilah untuk gambar yang ditunjukkan sebagai cara untuk menyindir dan menertawakan hal yang sedang tren. Kata meme berasal dari ahli biologi evolusi Inggris yaitu Richard Dawkins dari mimeme yang berarti hasil tiruan.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield