Facebook Blokir Iklan Penjual Masker Kesehatan

Facebook Blokir Iklan Penjual Masker Kesehatan

Facebook merupakan perusahaan digital terbesar yang menanggung banyak aplikasi yang terkenal. Seperti situs jejaring sosial Facebook, Instagram hingga WhatsApp. Untuk Facebook sendiri merupakan jejaring sosial yang digunakan oleh banyak pihak dari berbagai rentang usia, berbagai negara, dan juga jenjang pendidikan. Pamor dari aplikasi pertemanan ini juga belum surut dan masih banyak digunakan oleh orang hingga saat ini. Menyadari perannya yang merupakan jejaring sosial yang besar, Facebook juga turut serta dalam upaya untuk kondisi gawat darurat karena virus Corona yang sekarang ini banyak dikhawatirkan oleh banyak orang.

Dimana hal yang dilakukan oleh Facebook adalah dengan memblokir iklan penjual masker yang ada di media sosial raksasa Facebook. Kebijakan tersebut diumumkan oleh Director of Product Management Facebook yaitu rob Leathern yang mengatakan lewat Twitter. Ia mengatakan bahwa kebijakan tersebut diambil menyusul kondisi masyarakat yang sedang panik karena pandemi virus yang melanda dunia yaitu Covid 19 atau Corona. Dimana salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk pencegahan terjangkit virus ini adalah dengan mencuci tangan, tidak menyentuh wajah, dan juga menggunakan masker ketika bepergian. Hal ini bisa untuk mengurangi resiko terkena Corona selain juga banyak negara sekarang ini yang sudah melakukan lockdown yang menghimbau warganya untuk tidak keluar beraktivitas dan bekerja.

Kebijakan ini sendiri diambil karena ada sebagian pihak yang kemudian memanfaatkan kondisi kepanikan tersebut untuk menjual masker. Sehingga untuk langkah pencegahan agar orang tidak mengambil keuntungan pribadi yang sangat merugikan bagi banyak orang dengan menjual harga masker yang sangat mahal tersebut, maka kebijakan untuk memblokir semua iklan penjual masker diambil oleh Facebook. Tindakan tegas tersebut diharapkan dapat untuk mengurangi monopoli yang dilakukan oleh sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan dari melonjaknya harga masker saat virus Corona.

Menggunakan masker memang merupakan salah satu hal yang dihimbau sebagai cara untuk mencegah corona. Hal tersebut digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjual masker dengan harga yang mahal dan juga membuat banyak orang yang memborong masker yang dijual dengan harga yang lebih mahal lagi. Sehingga kemungkinan tersebut membuat Facebook untuk melarang iklan yang menjual masker wajah medis yang telah ada pada daftar.

Mark Zuckerberg juga mengambil peran dalam kasus virus Corona yaitu dengan selalu memantau kondisi yang akan juga mempengaruhi kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Facebook. Terlebih untuk orang-orang atau akun yang memanfaatkan untuk mengambil keuntungan dengan tragedi yang sedang dihadapi dunia ini. Perubahan akan dapat terjadi kedepan mengenai kebijakan pemblokiran iklan penjual masker.

Mark mengatakan bahwa untuk dapat menekan persebaran informasi yang salah mengenai virus tersebut yang akan dapat menambah kepanikan masyarakat, maka Facebook juga akan melakukan penghapusan konten yang palsu dan juga teori konspirasi yang tidak mempunyai dasar ilmunya agar dapat menjadi pencegahan informasi palsu yang menyesatkan. Tidak hanya menghapus konten, Facebook juga tidak segan-segan untuk melakukan pemblokiran akun yang dianggap melakukan hal yang tidak pantas di tengah wabah ini yaitu akun yang menyebarkan berita bohong atau hoax, teori konspirasi yang tidak benar, dan juga akun yang menyediakan obat penyembuhan corona. Hal tersebut merupakan langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi penyebaran informasi yang salah. Dalam hal ini Facebook juga akan memberikan data yang telah terverifikasi keaslian dan juga dilakukan oleh peneliti agar masyarakat dapat lebih memahami mengenai situasi penyebaran virus Corona.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield