Facebook Akhirnya Gabungkan Messenger dan Direct Message Instagram

Facebook Akhirnya Gabungkan Messenger dan Direct Message Instagram

Facebook memang dikenal sejak lama sebagai salah satu aplikasi pelopor jaringan pertemanan secara luas yang ada di dunia. Bahkan sampai sekarang ini tercatat bahwa Facebook menjadi media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak yang ada di dunia. Mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orang dewasa banyak yang memilih memakai Facebook dalam menunjang pertemanan mereka. Sejalan dengan hal tersebut untuk tetap mempertahankan predikatnya, maka semakin banyak fitur baru yang ditawarkan oleh Facebook, inovasi ini dilakukan agar pengguna tidak bosan memakainya. Bahkan ia juga menggandeng Instagram kedalam perusahaannya.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh perusahaan tersebut, yaitu menggabungkan Messenger dan juga direct message atau yang lebih populer sebagai DM di Instagram. Kedua media sosial tersebut yaitu Facebook dan juga Instagram memang berada dalam naungan perusahaan yang sama. Adanya integrasi antara keduanya memang membuat pengguna bisa lebih mudah untuk saling berkirim pesan. Beberapa waktu belakangan ini mereka mengumumkan bahwa akan ada pembaharuan DM Instagram dan juga membawa pengalaman baru pada Messenger. Itulah yang disebutkan oleh Adam Mosseri selaku Head of Instagram.

Mosseri mengatakan bahwa perusahaan telah mempelajari aktivitas perpesanan yang berkembang beberapa waktu belakangan ini. setidaknya ada sekitar 100 milyar pesan yang setiap harinya dikirimkan melalui aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook. Dengan penggabungan layanan tersebut sebenarnya bertujuan untuk memudahkan pengguna kedua platform media sosial tersebut. Sehingga dapat melakukan komunikasi dengan satu ekosistem yang sama.

Sebelumnya Facebook sendiri sudah mengganti logo DM yang ada di Instagram dengan Messenger. Sehingga nantinya percakapan yang terjadi pada layanan Facebook Messenger dapat dilakukan lewat Instagram. Selain adanya pesan lintas platform, maka Instagram ini juga melakukan sejumlah pembaharuan fitur yang lain, diantaranya adalah:

  1. Watch Together, nantinya lewat fitur baru yang satu ini maka pengguna dari Facebook maupun Instagram dapat melihat tayangan yang ada di IGTV, Film, Reels dan juga beberapa konten video yang lainnya bersama-sama dengan teman, keluarga atau yang lainnya secara bersamaan ketika melakukan video call.
  2. Vanish Mode, ketika pengguna ingin keluar dari obrolan grup maka nantinya bisa memilih mode yang satu ini. karena nantinya ketika di klik maka foto profil Anda secara otomatis akan hilang dari kolom chat tersebut.
  3. Sticker Selfie, tak kalah menarik karena memang disini pengguna dapat membuat sticker foto selfie dan juga dapat dihiasi dengan menggunakan elemen unik yang lainnya, dapat Anda kirimkan secara langsung lewat kolom chat yang ada.
  4. Emoji Reactions, fiturnya begitu mirip dengan yang ada di Instagram Stories, dimana nantinya DM Instagram tersebut akan menyediakan pintasan emoji sehingga pengguna tidak perlu memilihnya secara manual.
  5. Forwarding, fitur tersebut memungkinkan pengguna dapat langsung membagikan unggahan Instagram kedalam obrolan grup atau bahkan ke 5 teman sekaligus.
  6. Animated Message Effect, dengan hadirnya fitur ini maka membuat visual pesan akan lebih unik.
  7. Message Controls, nantinya pengguna bisa memilih teman yang dapat mengirim pesan lewat DM dan yang tidak diperbolehkan.

Pastikan untuk melakukan pembaharuan pada aplikasi Instagram Anda untuk merasakan beberapa fitur terbaru ini. Selain beberapa fitur di atas sebenarnya masih ada banyak lagi fitur baru yang ditawarkan oleh Instagram ini untuk mempermudah penggunanya.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield