Durasi Video Call Google Meet Tak Jadi Dibatasi 60 Menit

Durasi Video Call Google Meet Tak Jadi Dibatasi 60 Menit

Sejak merebaknya pandemi virus Corona beberapa waktu lalu, memang sistem kerja dan juga pendidikan di seluruh dunia mulai diubah. Diantaranya adalah secara tidak langsung. Banyak diantaranya yang mengandalkan aplikasi sebagai sarana untuk melakukan pembelajaran secara daring. Sehingga hal ini ikut meningkatkan popularitas dari aplikasi untuk telekonferensi secara online. Sebut saja diantaranya adalah Google Meet, dimana memungkinkan untuk melakukan video call dengan beberapa orang sekaligus.

Pada April 2020 lalu Google sendiri mengumumkan bahwa pengguna dapat menikmati layanan tersebut secara Cuma-Cuma atau tidak membayar dalam waktu yang tidak terbatas, artinya sampai dengan 24 jam bisa dipakai secara Cuma-Cuma. Bahkan juga sempat tersiar kabar bahwa Google tidak akan memperpanjang benefit untuk pengguna gratisan tersebut. Dimana artinya mulai tanggal 1 Oktober 2020 ini durasi dari telekonferensi online yang dilakukan lewat Meet akan dibatasi sekitar 60 menit untuk setiap sesi, bagi pengguna yang tidak berlangganan.

Sehari sebelum tanggal 1 Oktober 2020, Google kemudian berubah pikiran hingga kemudian memperpanjang fiture Premium Unlimited. Hal ini disebutkan dalam pengumuman resmi yang ada di laman Google. Sehingga nantinya pengguna dapat menikmati fitur Unlimited Meet sampai dengan Maret 2021. Google sendiri memprediksi bahwa layanan video telekonferensi Meet tersebut akan sering dipakai menjelang moment libur akhir tahun. Misalnya adalah pada acara reuni keluarga ataupun pernikahan.

Jika karena kegiatan belajar mengajar sekarang ini masih dilakukan dalam jarak jauh. Pertemuan antara guru dengan orang tua murid sampai sekarang ini juga masih dilakukan secara online. Google menyebutkan bahwa mereka masih ingin terus membantu pengguna gratisan tersebut, yang selama ini masih mengandalkan Meet dan selama beberapa bulan mendatang. Jadi nantinya fitur unlimited yang ada pada Meet masih akan diperpanjang sampai dengan 31 Maret 2021 bagi pengguna yang memiliki akun Gmail.

Sampai saat ini di laman resmi dari Google tersebut, mereka masih mencantumkan keterangan surapi rapat online gratisan hingga 24 jam hanya dapat diakses sampai dengan 30 September 2020. Bahkan untuk durasi maksimal gratisan video call juga dibatasi sampai dengan 60 menit saja. Sehingga ada kemungkinan bahwa Google akan mengubah informasi tersebut dalam beberapa waktu mendatang. Namun di lain sisi juga masih ada kemungkinan bahwa Google akan terus memperpanjang kebijakan ini. Setidaknya adalah sampai masa pandemi belum berakhir ataupun juga ketika pengguna Meet masih terus melonjak sampai Maret 2021.

Pada dasarnya bukan hanya Meet layanan telekonferensi online yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan belajar secara daring maupun juga melakukan rapat online. Karena ada begitu banyak pilihan aplikasi lainnya seperti Zoom yang jumlah penggunanya sangat banyak. Namun memang sejak Meet sendiri mengeluarkan beberapa fitur baru, termasuk diantaranya jumlah anggota untuk telekonferensi tersebut yang dinaikkan jadi semakin banyak. Maka membuat jumlah pengguna Meet juga semakin banyak, apalagi pengguna gratisan.

Masa pandemi virus Corona ini memang mengubah banyak aspek dalam kehidupan masyarakat, segala usia mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua. Mengurangi perjumpaan secara langsung untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona tersebut. Sehingga ada banyak kegiatan yang dilakukan secara daring, termasuk diantaranya adalah sekolah sampai dengan bekerja. Itulah mengapa semakin tinggi popularitas yang diterima oleh perusahaan penyedia layanan telekonferensi online tersebut, termasuk Google Meet.

No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website

x Logo: Shield
This Site Is Protected By
Shield